Sukses

Manfaat hingga Cara Menggunakan Mentimun Sebagai Bahan Perawatan Wajah

Timun populer karena sifatnya yang menyegarkan dan menyejukkan. Mereka bukan hanya tambahan yang enak untuk salad, tetapi juga bisa bermanfaat bagi kulit dalam banyak hal.

Liputan6.com, Jakarta Mentimun jadi salah satu tanaman yang kerap dijadikan sebagai bahan perawatan kulit wajah alami. Dari mencegah jerawat hingga menghidrasi, begini caranya Anda memanfaatkan timun untuk merawat wajah.

Timun populer karena sifatnya yang menyegarkan dan menyejukkan. Mereka bukan hanya tambahan yang enak untuk salad, tetapi juga bisa bermanfaat bagi kulit dalam banyak hal.

Dengan kandungan 96 persen air, mentimun menghidrasi dan aman untuk kulit sensitif. Mereka bertindak sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi bengkak dan peradangan. Dikemas dengan vitamin, mineral, dan nutrisi, mentimun menawarkan banyak manfaat bagi kulit.

Melansir Pinkvilla, Kamis (20/7/2023), mentimun secara teknis adalah buah tetapi biasanya digunakan sebagai sayuran dalam masakan. Mereka memiliki kandungan air yang tinggi, yang memberikan perasaan menyegarkan dan menghidrasi. Itu sebabnya mereka sering dikaitkan dengan rasa kesegaran. Karena kualitasnya yang ringan dan lembut, mentimun adalah bahan populer dalam produk perawatan kulit dan perawatan diri.

Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan mentimun untuk merawat kulit wajah.

1. Menghidrasi Kulit

Kandungan air mentimun yang melimpah menutrisi dan menghidrasi kulit, menjaga kelembapan alaminya. Ekstraknya, dikemas dengan nutrisi, umumnya ditemukan dalam pelembab, toner, dan masker, bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering atau dehidrasi. Menambahkan mentimun ke perawatan kulit Anda sangat penting untuk mencegah garis-garis halus dan kerutan, karena kandungan mentimun yang kaya air secara efektif mempertahankan kelembapan, mencegah kerutan.

2. Mencegah Jerawat

Ketimun dikenal sebagai astringen yang kuat. Properti astringent ini dapat mengatur produksi minyak dan mengecilkan pori-pori. Pada gilirannya memeriksa jerawat, menjadikannya bahan yang populer dalam produk perawatan jerawat.

3. Mengurangi Peradangan Kulit

Mentimun adalah sekutu alami dalam mengurangi peradangan kulit. Tanaman ini dikemas dengan fitonutrien seperti flavonoid dan triterpen, yang melawan stres oksidatif, pemicu umum peradangan. Selain itu, mentimun mengandung gula imino yang berinteraksi dengan pensinyalan sel, meningkatkan efek anti-inflamasi.

4. Mengobati Sunburn

Sensasi dingin mentimun, dikombinasikan dengan sifat anti-inflamasinya, dapat secara efektif meredakan kemerahan, mengurangi rasa tidak nyaman, dan mengurangi iritasi, memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan untuk kulit Anda. Oleh karena itu, mereka juga efektif untuk gigitan serangga dan sengatan matahari.

5. Meningkatkan Kecerahan Kulit

Mentimun kaya akan vitamin C yang membantu menghambat produksi melanin. Melanin bertanggung jawab atas warna kulit, jadi dengan mengurangi produksinya, vitamin C dapat mencerahkan warna kulit Anda dan mencerahkan pigmentasi apa pun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lainnya

 

6. Mengurangi Bintik Hitam & Lingkaran Hitam

Vitamin C mentimun juga mengatasi bintik hitam dan noda, sementara sifat anti-peradangannya menenangkan dan menguranginya. Plus, vitamin C dan hidrasinya dapat membantu lingkaran hitam di bawah mata yang disebabkan oleh kurang tidur. Mentimun juga memiliki kandungan vitamin K yang dikenal dapat memperbaiki penampilan mata dengan kapasitas anti-lingkaran hitam yang telah terbukti.

7. Mengencangkan Kulit

Ketimun mengencangkan kulit karena sifat astringennya. Sebagai zat, mereka mengeluarkan air dari jaringan, menyebabkannya menyusut. Itu sebabnya toner mentimun populer dalam perawatan kulit. Mereka digunakan setelah pembersihan untuk mengecilkan pori-pori sementara, mengencangkan kulit, dan menghilangkan minyak berlebih.

8. Memerangi Radikal Bebas

Mentimun dikemas dengan antioksidan yang dapat memerangi kerusakan oksidatif pada kulit Anda. Antioksidan ini mengganggu proses oksidasi dan menangkal efek berbahaya dari radikal bebas. Ketika radikal bebas menyebabkan stres oksidatif, hal itu dapat memengaruhi lapisan kulit, menyebabkan kerutan, garis halus, kendur, kusam, warna kulit tidak merata, dan bintik hitam.

9. Mencegah Penuaan Dini

Mentimun sarat dengan asam folat dan asam caffeic, yang bagus untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kolagen sangat penting untuk menjaga kekuatan dan struktur kulit, menjaganya tetap awet muda. Ini juga mencegah tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.

10. Meredakan Kantung Mata & Bengkak

Ketimun sangat bagus untuk mengurangi pembengkakan dan pembengkakan kulit, karena kandungan asam folat dan vitamin C yang tinggi. Mereka dapat merangsang produksi kolagen, yang penting untuk menjaga struktur kulit. Dengan demikian mereka langsung meremajakan kulit bawah mata Anda.

11. Dapat Mengurangi Selulit

Untuk mengurangi munculnya selulit, coba oleskan irisan mentimun langsung ke kulit Anda. Fitokimia dalam mentimun bekerja secara ajaib dengan mengencangkan kolagen dan memberikan hasil yang hampir instan.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Mentimun di Wajah

1. Pembersihan DIY

Untuk pembersih pagi yang menyegarkan, buatlah campuran sederhana dari air mentimun dengan tambahan bermanfaat lainnya seperti teh hijau, lidah buaya, atau sabun castile.

Waktu Persiapan - 30 menit

Langkah-langkah yang harus diikuti:

• Panaskan air dengan lembut di dalam panci, tapi hati-hati jangan sampai mendidih.

• Tambahkan kantong teh hijau ke dalam air hangat dan satu sendok makan madu ke dalamnya. Aduk dan biarkan campuran menjadi dingin.

• Kemudian keluarkan kantong teh dan tambahkan jus mentimun segar.

• Terakhir, tambahkan sedikit jus lidah buaya dan sabun castile, pastikan semuanya tercampur rata.

• Pindahkan sabun cuci muka ke dalam stoples kaca dan tutup rapat.

• Kocok adonan dengan baik.

• Ini harus bertahan sekitar seminggu dengan penggunaan dua kali sehari. Anda bahkan dapat mendinginkannya.

2. Toner Mentimun Untuk Menenangkan Kulit

Sunburns dapat terjadi bahkan dengan tabir surya SPF tinggi. Selama waktu tersebut, Anda dapat membuat sendiri toner mentimun untuk membantu menyembuhkan kulit Anda yang rusak dan memberikan sensasi dingin.

Waktu Persiapan - 10-15 menit

Langkah-langkah yang harus diikuti:

• Pertama, cuci, kupas, dan potong mentimun, lalu masukkan irisan ke dalam panci dengan air secukupnya untuk menutupinya.

• Panaskan wajan dengan api kecil selama sekitar 5 hingga 7 menit.

• Sekarang, pindahkan campuran mentimun dan air ke dalam blender atau food processor dan haluskan hingga halus.

• Saring campuran melalui kain katun tipis atau saringan jaring halus untuk menghilangkan potongan apapun.

• Tuang cairan ke dalam botol semprot steril dan gunakan. Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh air mawar atau witch hazel untuk meningkatkan hidrasi dan khasiat penyembuhan.

• Pastikan Anda menggunakan toner ini dalam 3 hingga 4 hari karena tidak mengandung bahan pengawet dan dapat rusak seiring waktu.

3. Masker Wajah Mentimun

Jika Anda sedang mencari masker mentimun yang sederhana dan mendasar, untuk rasa yang menyegarkan, inilah dia.

Waktu Persiapan - 5-10 menit

Langkah-langkah yang harus diikuti:

• Untuk memulai, haluskan setengah dari mentimun yang belum dikupas dalam food processor atau blender sampai menyerupai pasta.

• Selanjutnya, saring campuran tersebut untuk memisahkan sarinya.

• Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan gel lidah buaya jika memiliki kulit ekstra kering.

• Oleskan jus mentimun ini ke wajah Anda yang baru dibersihkan, dan biarkan selama sekitar 15 hingga 20 menit.

• Bilas masker dengan air dingin atau suam-suam kuku, tepuk lembut wajah Anda hingga kering dengan kain lembut.

Menggunakan mentimun pada wajah dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Sifatnya yang mendinginkan, menyejukkan, dan menghidrasi menjadikannya pilihan yang bagus untuk mengurangi bengkak, meredakan ruam, dan meminimalkan tanda-tanda penuaan.

Namun, untuk merasakan manfaat ini sepenuhnya, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak mentimun daripada yang biasanya tersisa dari dapur Anda. Jika Anda memprioritaskan keberlanjutan dan lebih menyukai praktik kecantikan yang bersih, memasukkan mentimun ke dalam makanan Anda dan memilih produk perawatan kulit yang dibeli di toko mungkin merupakan pendekatan terbaik.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.