Sukses

Menurut Ahli Begini Urutan Pakai Skincare Buat Kulit Berjerawat

American Academy of Dermatology bahkan mengatakan bahwa stres dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan produk perawatan wajah atau biasa dikenal skincare tentu memiliki aturan. Karena itu, setiap individu perlu memahami produk yang harus digunakan baik di malam atau siang hari agar mampu memberikan hasil yang maksimal.

Lantas, skincare apa saja yang harus digunakan ketika pagi dan malam hari?

Salah satu masalah yang kerap dihadapi bagi banyak orang ialah kulit berjerawat. Memasuki masa dewasa beberapa orang akan berurusan dengan masalah jerawat. Hal itu karena perubahan hormonal pubertas yang berperan semasa remaja. American Academy of Dermatology bahkan mengatakan bahwa stres dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada orang dewasa.

Stres jerawat berbeda dari jerawat hormonal, dan cenderung merespon terbaik untuk pengobatan topikal tingkat medis. Formula yang menawarkan campuran bahan penghilang bakteri, seperti gel Differin favorit dokter kulit dirancang untuk membersihkan jerawat dengan cepat dan mencegah pembentukan pustula baru.

"Selama bertahun-tahun Differin adalah produk resep farmasi," jelas dokter kulit yang berbasis di Kota New York Macrene Alexiades, seperti melansir InStyle. "Oleh karena itu, Anda mendapatkan opsi over-the-counter anti-jerawat yang sangat aktif."

Jika stres jerawat adalah hal baru bagi Anda, jangan khawatir — mudah untuk mengintegrasikan Differin ke dalam rutinitas perawatan kulit biasa Anda tanpa merombak seluruh rutinitas Anda. Akan tetapi, agar setiap produk perawatan kulit menjadi efektif, Anda harus mengikuti rangkaian produk sesuai aturan.

Mengetahui langkah-langkah yang tepat sangat penting dengan semua perawatan kulit, terlebih lagi bahan aktif melawan jerawat yang dapat membuat kulit kasar, iritasi, dan tidak nyaman jika dilapisi dengan tidak benar.

Perawatan Kulit Siang Hari

Fokus utama dari rutinitas pagi adalah hidrasi.

"Anda mungkin percaya bahwa sebagian besar kerusakan kulit yang Anda alami disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi luar ruangan, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia kini menetapkan bahwa polusi dalam ruangan lebih buruk daripada polusi luar ruangan," kata dokter kulit bersertifikat Loretta Ciraldo. "Pertimbangkan apa yang Anda lakukan di siang hari dan elemen apa yang mungkin Anda hadapi saat menerapkan produk perawatan kulit di pagi hari."

Langkah 1: Pembersih

Menggunakan pembersih yang lembut di pagi hari penting saat memasukkan Differin ke dalam rutinitas Anda.

"Pembersih untuk kulit sensitif dengan formulasi krim atau susu paling baik digunakan dengan Differin," kata dokter kulit di Union Square Laser Dermatology Jennifer MacGregor.

Langkah 2: Differin atau perawatan topikal jerawat lainnya

"Differin adalah satu-satunya topikal yang dapat dioleskan siang atau malam," kata MacGregor, tetapi harus selalu dioleskan ke kulit langsung setelah dibersihkan dan ditepuk - jangan digosok - kulit kering.

"Gunakan hanya gel Differin seukuran kacang polong di seluruh wajah Anda," saran MacGregor. Kemudian pijat dengan lembut sampai gel terserap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah 3: Serum

Serum yang menghidrasi adalah pilihan yang bagus untuk pagi hari untuk memastikan kulit tetap lembab. Bahan-bahan pembangkit tenaga listrik ini membangun penutup seperti bungkus saran di atas kulit, yang melindungi dari kekeringan dan radikal bebas, plus meredakan peradangan dan munculnya kemerahan pada kulit. Ingat, kulit yang terhidrasi adalah kulit yang bahagia.

Langkah 4: Gel Mata

Gel mata dapat menghilangkan bengkak di area bawah mata, yang akan membuat pengaplikasian riasan lebih mudah.

Langkah 5: Pelembab

Setelah serum dan gel mata Anda terserap sepenuhnya, tindak lanjuti dengan pelembab yang ringan, namun sangat menghidrasi untuk lebih prima dan mempersiapkan kulit Anda untuk hari yang akan datang.

Mengenai bahan terbaik dalam pelembab untuk memuaskan kulit yang haus, "carilah bahan perbaikan pelindung, seperti asam lemak dan squalane," saran Alexiades. Hal itu karena pelindung kulit yang sehat sangat penting untuk kulit yang halus dan terhidrasi. Omega-3 dan omega-6 adalah asam lemak paling populer. Meskipun minyak tumbuhan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang umum, seperti bunga matahari, safflower, biji rami, dan biji mawar, juga memiliki konsentrasi asam omega yang tinggi, jadi perhatikan juga bahan-bahan tersebut.

Langkah 6: SPF

"Anda harus menyelesaikannya dengan SPF," kata dokter kulit Ellen Marmur. "Tidak peduli sepanjang tahun, bahan ini harus selalu menjadi faktor dalam rutinitas Anda untuk melindungi kulit Anda sepenuhnya dari sinar UV matahari."

Topik aktif seperti Differin yang bekerja untuk meningkatkan pergantian sel cenderung juga meningkatkan fotosensitifitas, kata Alexiades, menjadikan aplikasi tabir surya setiap hari sebagai keharusan mutlak.

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Kulit Malam Hari

Pada malam hari, Marmur mengatakan bahwa perhatian utama Anda adalah memperbaiki dan meremajakan kulit.

"Kulit Anda perlu diberi nutrisi pagi dan malam," tambah Ciraldo. "Tapi malam hari adalah saat Anda harus mengatasi masalah kulit pribadi Anda."

Langkah 1: Pembersih

Anda mungkin pernah mendengar pentingnya untuk tidak tidur dengan riasan. Jadi, tidak mengherankan, membersihkan wajah Anda harus menjadi langkah pertama dalam rutinitas malam hari Anda, tetapi pembersih mana yang Anda pilih bergantung pada jenis kulit Anda.

"Orang dengan kulit normal hingga kering sebaiknya memilih pembersih yang menghidrasi," kata Alexiades. "Jika Anda mengupas kulit dengan pembersih asam alfa hidroksi, itu mungkin terlalu kering dan gel Differin selanjutnya akan mengelupas kulit dan mengakibatkan gatal dan pengelupasan."

Jika Anda memiliki kulit berminyak, "pembersih belerang atau asam mungkin baik-baik saja untuk menyiapkan kulit sebelum Differin Anda," jelasnya, sambil mencatat bahwa dengan jerawat yang serius, pembersih obat dapat diresepkan dan hanya boleh digunakan pada malam hari.

Langkah 2: Differin atau perawatan topikal jerawat lainnya

Sama seperti di pagi hari, "Differin seukuran kacang polong harus terlebih dahulu pada kulit yang dibersihkan dan kemudian lapisan formulasi yang lebih lembut di atasnya," kata MacGregor. Pastikan untuk menerapkan Differin di seluruh wajah Anda daripada sebagai perawatan di tempat untuk bertahan melawan jerawat di masa depan.

Langkah 3: Serum

Saat merawat jerawat dengan Differin, ada benarnya pepatah "terlalu banyak hal yang baik". Alexiades mengatakan untuk benar-benar menghindari penggunaan retinol, retin A, atau retinoid lainnya, dan pikirkan dua kali sebelum menambahkan pengelupas kimiawi atau bantalan pengelupas ke dalam campuran. "Jika Anda menggunakan benzoil peroksida atau asam, berhati-hatilah agar kulit Anda menjadi terlalu kasar, kering, dan meradang," ia memperingatkan.

Langkah 4: Serum Mata

"Selalu gunakan serum perbaikan mata, karena ini adalah salah satu bagian wajah yang lebih sensitif dan menua lebih cepat daripada area lain," kata Marmur. "Orang mungkin biasanya gatal dan menggosok mata mereka di siang hari karena kekeringan atau hanya karena stres."

Langkah 5: Pelembab

Malam hari adalah saat Anda bisa menggunakan pelembab yang lebih kaya dari yang biasanya Anda gunakan di pagi hari. "Ini akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sepanjang malam dan siap untuk pagi hari," jelas Marmur. "Carilah pelembap yang bebas minyak agar tidak menambah jumlah minyak alami yang diproduksi tubuh saat Anda tidur."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini