Sukses

Bosscha dan MedcoEnergi Observasi Gerhana Matahari Total di Pulau Kisar Maluku

MedcoEnergi berharap program Ekspedisi Pengamatan Gerhana Matahari Total ini dapat membantu para astronom Indonesia untuk mempromosikan ilmu astrophysic agar lebih dikenal generasi penerus bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Observatorium Bosscha pada usianya yang ke-100 tahun terus memberikan sumbangsih keilmuan di bidang astronomi. Kali ini, bersama PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) melalui Medco Foundation, melakukan observasi dalam program Pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) yang digelar Observatorium Bosscha dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Pulau Kisar, Maluku Barat Daya, Maluku, pada Kamis 20 April 2023.

Komisaris Utama MedcoEnergi Yani Panigoro mengatakan, MedcoEnergi selalu mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, salah satunya Astronomi.

“MedcoEnergi berharap program Ekspedisi Pengamatan GMT ini dapat membantu para astronom Indonesia untuk mempromosikan ilmu astrophysic agar lebih dikenal generasi penerus bangsa,” ujar Yani dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/4/2023).

Yani juga berharap melalui Ekspedisi ini, keberadaan Observatorium Bosscha dapat terus bermanfaat untuk mengembangkan ilmu astronomi di Indonesia.

“Selain itu, kami berharap Observatorium Bosscha dapat lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan luar negeri,” ungkapnya.

Terkait ekspedisi ini, berdasarkan informasi Observatorium Bosscha, masyarakat yang berada di jalur totalitas berkesempatan menyaksikan salah satu fenomena alam yang paling menakjubkan, yaitu GMT. Jalur sempit memanjang ini akan membentang melewati Provinsi Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Jalur totalitas gerhana April 2023, sebagian besar jatuh di area lautan dan sedikit melewati daratan. Salah satu daerah yang sangat beruntung tersebut adalah Pulau Kisar. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan Timor Leste.

Sementara, peneliti di luar jalur ini masih dapat mengamati Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini