Sukses

Awalnya Sebuah Restoran McDonald’s di Belarusia, Kini Berganti Jadi Mak.by

Restoran yang sebelumnya beroperasi di bawah merek McDonald’s di Belarusia akan segera berganti nama menjadi ‘Mak.by’

Liputan6.com, Jakarta Restoran yang sebelumnya beroperasi di bawah merek McDonald's di Belarusia akan segera berganti nama menjadi ‘Mak.by’, menurut perusahaan lokal pada Selasa (18/4/2023). Tempat ini akan mempertahankan resep dan tampaknya ada rencana bercabang dari merek di negara tetangga Rusia ini.

Melansir Bussinestimes.sg, restoran McDonald's di Belarusia, yang semuanya 25 dioperasikan oleh pemegang lisensi lokal KSB Victory Restaurants, akan diganti namanya menjadi Vkusno & tochka, penerus restoran McDonald's di Rusia.

Namun, kesepakatan itu tampaknya telah gagal. Vkusno & tochka menolak berkomentar, sedangkan KSB dan McDonald's tidak segera menjawab pertanyaan atau memberikan klarifikasi.

"Akibatnya, pemegang lisensi akan berhenti beroperasi sebagai McDonald's, dan tidak akan lagi membawa nama McDonald's atau menyajikan menu kami," kata pihak McDonald's saat itu.

Sebelumnya, hamburger adalah salah satu merek Barat pertama yang keluar sepenuhnya dari Rusia ketika dijual ke pemegang lisensi lokal Alexander Govor, pada Mei 2022.

Vkusno & tochka Govor, yang diterjemahkan sebagai "Tasty and that’s it", menyetujui serangkaian persyaratan, termasuk pembatasan merek, skema warna, dan penggunaan produk. Namun, dengan menggunakan nama Mak.by, artinya perusahaan Belarusia mempertahankan beberapa pengakuan merek.

Dalam sebuah pernyataan, Mak.by mengatakan akan mempertahankan rasa favorit dari semua hidangan kami. Dikatakan telah menerima lebih dari 1.500 saran untuk nama baru dari pelanggan dan staf.

“Kita sendiri harus melakukan apa yang pernah dilakukan McDonald's, jika ada yang membutuhkannya, dan bahkan lebih baik lagi. Apakah kita tidak memiliki seseorang yang dapat memotong roti menjadi dua, dan memasukkan sepotong daging, kentang, dan salad ke dalam dua bagian ini?" kata Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada bulan Maret yang juga ikut campur tangan dalam proses penggantian nama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

McDonald's Menghadirkan Kembali Hamburglar Untuk Mempromosikan Perubahan Menu

Sementara di beberapa negara, seperti Australia, Kanada, dan Belgia McDonald’s mempromosikan perubahan kecil pada resep untuk penawaran burgernya.Dalam rangka mempromosikan perubahan ini, McDonald’s mengaktifkan kembali maskot klasik Hamburglar

Hamburglar, maskot klasik makanan cepat saji kedua setelah Ronald McDonald, hadir kembali dalam iklan TV terbaru perusahaan, kata perusahaan makanan cepat saji itu pada Senin (17/4/2023) dikutip dari Businesstimes.sg.

Karakter tersebut digunakan untuk mempromosikan peningkatan pada Big Mac, McDouble, dan Cheeseburger klasik, Double Cheeseburger, dan Hamburger. Selain saus Big Mac ekstra dan roti yang lebih lembut pada Big Mac, perusahaan mengatakan telah menyesuaikan proses memasaknya untuk mendapatkan keju yang lebih panas dan lebih meleleh, dan mengubah pengaturan panggangannya untuk mencapai pembakaran yang lebih baik.

Meski begitu, ini bukan pertama kalinya McDonald's menghidupkan kembali Hamburglar untuk mempromosikan item menu tertentu.

Pada tahun 2015, karakter tersebut dibuat ulang menjadi hipster berjanggut dengan mantel parit yang menginginkan burger sirloin baru. Restoran McDonald's menghapus item menu ketika batas waktunya selesai di akhir tahun itu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.