Sukses

Hal Utama Ini Membuat Seseorang Bahagia dan Bisa Hidup Lebih Lama

Berikut beberapa hal yang bisa membuat seseorang bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 1938, peneliti Harvard memulai studi selama puluhan tahun untuk mencari tahu: Apa yang membuat manusia bahagia dalam hidup?
 
Hasilnya bukanlah pencapaian karier, uang, olahraga , atau pola makan yang sehat.
 
Namun hubungan yang positif dapat membuat kita lebih bahagia, lebih sehat, dan membantu kita untuk hidup lebih lama.
 
Berikut beberapa hal yang bisa membuat seseorang bahagia, melansir laman CNBC, Rabu (8/3/2023):
 
• Kunci No. 1 untuk hidup bahagia: ‘Kebugaran sosial’
 
Hubungan memengaruhi kita secara fisik. Pernahkah Anda memperhatikan penyegaran yang dirasakan saat anda yakin bahwa seseorang benar-benar memahami anda selama percakapan berlangsung?
 
Untuk memastikan hubungan Anda sehat dan seimbang, penting untuk mempraktikkan “kebugaran sosial”.
 
Kebugaran sosial membutuhkan penilaian tentang hubungan kita dan jujur dengan diri sendiri tentang dimana kita mencurahkan waktu kita dan apakah kita merawat koneksi yang dapat membantu kita berkembang.
 
• Bagaimana mencatat hubungan Anda?
 
Manusia adalah makhluk sosial. Kita masing-masing sebagai individu tidak dapat menyediakan semua yang kita butuhkan untuk diri kita sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dan membantu kita.
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Kunci

Dalam kehidupan relasional kita, ada tujuh kunci dukungan:

• Keselamatan dan keamanan: Siapa yang akan dihubungi jika terbangun lalu ketakutan di tengah malam?• Pembelajaran dan pertumbuhan: Siapa yang mendorong Anda untuk mencoba hal-hal baru, mengambil kesempatan, mengejar tujuan hidup Anda?• Kedekatan emosional dan curhat: Siapa yang tahu segalanya atau banyak hal tentang Anda? Siapa yang dapat Anda hubungi saat Anda merasa sedih dan jujur tentang perasaan Anda?• Penegasan identitas dan berbagi pengalaman: Apakah ada seseorang dalam hidup Anda yang telah berbagi banyak pengalaman dengan anda dan yang membantu Anda memperkuat rasa siapa diri Anda?• Keintiman romantis: Apakah Anda merasa puas dengan jumlah keintiman romantis dalam hidup Anda?• Bantuan (baik informasi maupun praktis): Kepada siapa Anda berpaling jika Anda membutuhkan keahlian atau bantuan memecahkan masalah praktis (misalnya memperbaiki koneksi wifi Anda).• Kesenangan dan relaksasi: Siapa yang membuat Anda tertawa? Dengan siapa Anda melakukan perjalanan yang membuat Anda merasa terhubung dan nyaman?

Tidak semua jenis dukungan ini akan terasa penting bagi Anda, tetapi pertimbangkan mana yang penting, dan tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda mendapatkan cukup dukungan di area tersebut atau tidak.

Dengan Melihat kesenjangan pada jawaban anda atas 7 pertanyaan kunci tersebut membuat anda mungkin menyadari bahwa anda punya banyak teman untuk bersenang-senang tapi tidak ada yang bisa dipercaya.

Atau mungkin anda hanya punya satu orang yang selalu anda cari untuk meminta bantuan atau yang membuat anda merasa aman serta nyaman.

Jangan takut untuk menjangkau orang-orang dalam hidup Anda. Tidak ada kata terlambat untuk memperdalam hubungan yang penting bagi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini