Sukses

Kenali Gejala, Penyebab Hingga Pengobatan Vertigo

Lantas, bagaimana gejala vertigo dan cara pengobatannya?

Liputan6.com, Jakarta Kata "vertigo" dan "pusing" sering digunakan secara sinonim, tetapi artinya tidak persis sama. Pusing dapat menggambarkan berbagai sensasi yang berkaitan dengan perasaan tidak stabil, sedangkan vertigo adalah perasaan yang lebih spesifik.

Lantas, bagaimana gejala vertigo dan cara pengobatannya?

“Vertigo adalah ketika seseorang mengalami ruangan berputar atau mereka merasa seperti berada di atas kapal, mereka bergoyang,” kata seorang otolaryngologist di Columbia University Medical Center di New York City Ana Kim seperti melansir Forbes Health, Sabtu (31/12/2022).

Mata, telinga bagian dalam (sistem vestibular), dan sensor di bagian bawah kaki (proprioception) bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan. Otak, yang Kim sebut sebagai "pusat komando", menggabungkan informasi yang diterimanya dari masing-masing sistem ini.

"Otak menentukan keseimbangan Anda secara keseluruhan — apakah Anda diam, ruangan berputar atau lantai bergoyang," katanya. Masalah dengan salah satu sistem sensorik ini dapat menyebabkan vertigo.

Penyebab Vertigo

Vertigo bukanlah penyakit, meskipun orang sering salah mengartikannya sebagai penyakit, kata Kim.

Sebaliknya, itu bisa menjadi gejala, tetapi tidak harus dipicu oleh kondisi medis. Sesuatu yang sederhana seperti minum terlalu banyak anggur dan kemudian membalikkan badan di tempat tidur, atau turun dari rollercoaster, dapat menghasilkan sensasi berputar yang sama, kata profesor neurologi di Johns Hopkins Medicine di Baltimore David Zee.

Mengenai penyebab medis, ada dua jenis vertigo, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Vertigo

Vertigo perifer berasal dari masalah dengan sistem vestibular di telinga bagian dalam. Penyebab paling umum, yang memengaruhi sekitar 20 persen orang yang mengunjungi dokter untuk vertigo, adalah vertigo posisional paroksismal jinak (BPPV). BPPV terjadi ketika kristal kalsium karbonat di telinga bagian dalam yang membantu mendeteksi tarikan gravitasi menjadi longgar.

“Mereka mulai mengambang di sekitar cairan telinga bagian dalam,” kata Zee.

“Saat Anda menoleh, memiringkan kepala, membalikkan tempat tidur, batu-batu ini bergerak. Otak mengira Anda berputar, dan Anda merasakan vertigo saat Anda benar-benar diam,” kata dia.

Penyebab vertigo perifer lainnya meliputi:

a. Penyakit Ménière, kelainan langka yang disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga bagian dalam

b. Labyrinthitis, infeksi telinga bagian dalam

c. Neuritis vestibular, yaitu peradangan saraf yang menghubungkan telinga bagian dalam ke otak

d. Cedera kepala

Vertigo sentral terjadi karena adanya masalah pada otak, seperti:

a. Suatu jenis sakit kepala migrain yang disebut migrain vestibular

b. Pukulan

c. Neuroma akustik, tumor otak non-kanker langka yang tumbuh di saraf yang mengontrol pendengaran dan keseimbangan

d. Tumor otak

Vertigo dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa hari, tergantung penyebabnya.

“BPPV adalah vertigo yang sangat intens yang berlangsung selama beberapa menit dan hilang,” kata Kim.

Dia menambahkan, “Sedangkan vertigo akibat penyakit Ménière bisa berlangsung berjam-jam.”

Sementara itu, pada beberapa orang, vertigo membaik dengan sendirinya atau dengan pengobatan. , itu muncul kembali berulang kali selama periode bulan atau tahun. Penyakit Ménière bisa menjadi penyebab vertigo jangka panjang.

3 dari 3 halaman

Gejala Umum Vertigo

Vertigo itu sendiri merupakan gejala, tetapi gejala lain dapat terjadi bersamaan dengan itu, termasuk:

a. Mual

b. Muntah

c. Berkeringat

d. Kehilangan keseimbangan

e. Gerakan mata ke samping atau ke atas dan ke bawah (nystagmus)

f. Dering di telinga (tinnitus) atau gangguan pendengaran (dari penyakit Ménière)

g. Sakit kepala, mulut kering, menguap, penglihatan kabur dan nyeri kulit kepala (dari migrain vestibular)

Pengobatan Vertigo

Pemeriksaan dari dokter perawatan primer, spesialis telinga-hidung-tenggorokan (THT) atau ahli saraf seringkali dapat menentukan penyebab vertigo. Setiap penyebab memiliki perawatannya sendiri.

Manuver Epley mengobati penyebab paling umum, BPPV. Ini melibatkan serangkaian gerakan kepala: memutar kepala ke sisi yang menyebabkan vertigo, dengan cepat berbaring dan kemudian perlahan menggerakkan kepala ke sisi yang berlawanan dan memutar tubuh untuk menghadapinya.

Idenya adalah untuk memindahkan kristal keluar dari bagian sempit saluran telinga tempat mereka tersangkut, dan ke area yang lebih luas, kata Kim, menambahkan bahwa meskipun mungkin diperlukan dua hingga tiga manuver, ini menyelesaikan masalah 99,9 persen dari waktu.

Selain itu, terapis fisik dapat mengajari Anda cara melakukan kelompok latihan serupa yang disebut Brandt-Daroff sendiri untuk mencegah kekambuhan, tetapi tunggu sampai vertigo Anda hilang. Selama serangan aktif, kristal secara tidak sengaja bisa salah arah dan membuat vertigo semakin parah, menurut Kim.

Bagi mereka yang menderita penyakit Ménière, Kim sering memulai pasiennya dengan perubahan pola makan seperti menghindari "kafein, cokelat, dan keju". Kafein yang ada di dalam kopi dan coklat, mengencangkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke telinga bagian dalam. Ini juga merupakan stimulan yang dapat memperburuk gejala. Keju tinggi sodium, yang menyebabkan tubuh Anda menahan lebih banyak cairan.

“Karena penyakit Ménière dianggap disebabkan oleh kelebihan cairan di telinga bagian dalam, makanan apa pun yang menyebabkan retensi cairan, seperti keju, juga memperburuk gejalanya,” jelas Kim.

Perawatan pilihan terakhir untuk penyakit Ménière adalah prosedur pembedahan yang disebut labyrinthectomy. Ini menghilangkan labirin sepenuhnya, tetapi setelah itu Anda akan kehilangan pendengaran di telinga yang terkena.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.