Sukses

Hai Ladies, Begini Cara Membersihkan Lem Menempel Usai Gunakan Kuku Palsu

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang memilih menggunakan kuku palsu demi mempercantik tampilan jari-jari tangan. Itu bukan hal yang salah. Namun, terkadang menggunakan kuku palsu bisa meninggalkan bekas di kuku asli karena lem yang sulit dihilangkan.

Lantas, bagaimana solusinya?

Kuku palsu menjadi salah satu cara termudah untuk manikur di rumah karena mudah diterapkan. Namun, Anda perlu menggunakan lem yang tepat di bagian alas kuku sehingga kuku palsu tidak lepas sebelum waktunya.

Sementara itu, menggunakan kuku palsu juga bisa meninggalkan bekas di kuku asli karena mungkin lem yang masih menempel. Hal itu yang terkadang menjadi permasalahan bagi sebagian orang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir lagi. sebab, lem kuku bisa dihilangkan dengan beberapa cara.

Jika Lem Masih Menempel Pada Kuku

Sebagai tim pemasaran di Bellacures, Rianna Basurto mengatakan bahwa lem kuku pada kulit Anda mudah menempel seperti halnya memasang kuku palsu.

“Jika Anda mengoleskan terlalu banyak pada kuku, lem berlebih bisa merembes keluar dari tepi dan menempel di kulit,” jelas Basurto dilansir dari InStyle, Selasa (13/9/2022).

Dia mengatakan, "Lem kuku bisa sulit dihilangkan karena bahan kimia di dalamnya yang membuatnya menjadi perekat yang kuat dan tahan lama."

Hal yang sama berlaku jika Anda menggunakan lem untuk menambah panjang, seperti ekstensi gel atau akrilik.

"Ketika Anda menyembuhkan di bawah cahaya (untuk ekstensi kuku), Anda tidak ingin menyembuhkan lem yang dapat mengeras ke kulit Anda," kata Pendiri Le Mini Macaron Christina Kao. "Ini sama dengan mengoleskan cat gel - kami selalu menyarankan untuk bekerja dengan lapisan tipis yang dapat Anda buat untuk menghindari cat yang menempel pada kutikula Anda."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah Lem Menempel Pada Kuku

"Dengan aplikasi kuku DIY apa pun, entah cat kuku atau ekstensi kuku gel, penting untuk membiasakan diri dengan proses aplikasi - ini bisa memakan waktu beberapa kali," kata Kao.

Di samping itu, Basurto pun menegaskan, "Kami juga menyarankan Anda untuk selalu mendorong kutikula untuk menciptakan ruang. Lem kuku sangat kuat dan sedikit berpengaruh," Basurto menegaskan.

"Ada juga lem kuku yang memiliki aplikator kuas, yang mengurangi kemungkinan kelebihan lem keluar,” sambungnya.

Cara Menghilangkan Lem Kuku

Sementara itu, bagi yang khawatir lem kuku tak kunjung hilang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan lem yang menempel pada kuku.

a. Bersihkan

Jika lem belum kering atau belum diawetkan di bawah sinar UV, cukup gunakan tisu atau Q-Tip untuk menyekanya dari kulit.

b. Gunakan penghapus cat kuku berbasis aseton

Basurto mengatakan produk apa pun yang mengandung aseton sangat bagus untuk menghilangkan lem kuku dari kulit.

"Aseton biasanya paling baik dalam melarutkan lem kuku. Saya sarankan mencelupkan Q-Tip ke dalam penghapus cat kuku dan menggosoknya dengan lembut di atas area kulit yang memiliki lem,” jelasnya.

c. Gosokkan petroleum jelly pada lem

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan petroleum jelly untuk melarutkan lem kuku dari kulit. “Oleskan di sekitar area yang memiliki lem kuku dan gosok/pijat ke kulit,” saran Basurto.

d. Cuci dengan sabun dan air

Gunakan sabun cuci piring dan air untuk menggosok lem. Berhati-hatilah karena metode ini mungkin memakan waktu lebih lama daripada opsi lain.

Cara Merawat Kuku Setelah Lem Hilang

Setelah berhasil menghilangkan lem, cuci tangan Anda dengan sabun dan air untuk memastikan Anda telah menyingkirkan semua residu bersama dengan apa pun yang Anda gunakan untuk menghilangkannya, terutama jika itu adalah penghapus cat kuku berbasis aseton.

Aseton bisa mengering, jadi setelah tangan sudah bersih, Anda harus melembapkannya. "Selain itu, saya akan merekomendasikan menggunakan minyak kutikula untuk melembabkan kutikula juga," kata Basurto.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS