Sukses

Jangan Asal Mencampurkan, Ini Aturan Penggunaan Skincare yang Perlu Kamu Tahu

Iritasi kulit adalah faktor besar lain yang perlu dipertimbangkan saat menyusun jajaran produk dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemula yang baru mencoba produk perawatan kulit, sebaiknya Anda perlu berhati-hati menggunakannya. Sebab, tidak semua kandungan di dalam produk perawatan kulit bisa digunakan secara bersamaan apalagi mencampurkannya.

"Mencampur bahan-bahan tanpa pengetahuan yang tepat tentang bagaimana bahan-bahan ini bekerja dan bahan-bahan lain apa yang mungkin berinteraksi dengan mereka tidak hanya membuang-buang uang tetapi juga waktu. Ini juga dapat menyebabkan frustrasi jika hasil yang terlihat kurang dari yang diharapkan (atau jika kulit menjadi iritasi)," kata Dokter Kulit Bersertifikat di New York City Shari Marchbein seperti dilansir dari InStyle, Selasa (30/8/2022).

Iritasi kulit adalah faktor besar lain yang perlu dipertimbangkan saat menyusun jajaran produk dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Seorang Dokter Kulit lain sekaligus jadi CEO Curology David Lortscher menambahkan, "Rutinitas perawatan kulit Anda harus mencakup produk yang saling melengkapi untuk menghindari pengeringan yang berlebihan, pengelupasan kulit yang berlebihan, atau iritasi pada kulit.”

Lantas, apa saja kandungan perawatan kulit yang bisa digunakan secara bersamaan? Berikut ini ulasannya.

Retinol

Retinol juga dikenal sebagai vitamin A yang mendorong pergantian sel kulit sehingga dapat membantu memperbaiki munculnya garis-garis halus, kerutan, tekstur kulit tidak merata, bintik hitam, dan jerawat. Namun, retinol bisa sangat mengiritasi.

"Retinol adalah bahan anti-penuaan yang efektif, tetapi dapat memperburuk kekeringan kulit," jelas Lortscher.

Sebagai catatan, retinol bisa digabungkan dengan bahan pelembab, seperti hyaluronic acid dan ceramides serta SPF.

"Pastikan untuk melembabkan bahan humektan seperti asam hialuronat dapat menarik dan menahan molekul air ke lapisan permukaan kulit Anda, sementara bahan emolien berbasis minyak membantu menyegel kelembapan."

Penting juga untuk diingat bahwa retinol dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

“SPF harus dipakai secara religius setiap hari sepanjang tahun, tidak hanya untuk mencegah kanker kulit, keriput, dan bintik matahari, tetapi karena banyak bahan lain yang kita terapkan pada kulit kita termasuk retinol dan retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari,” kata Marchbein.

Catatan lagi, jangan campurkan retinol dengan vitamin C, benzoil peroksida, dan asam AHA/BHA.

Asam AHA dan BHA bersifat pengelupasan sehingga dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi lebih lanjut jika rutinitas perawatan kulit Anda sudah mengandung retinol.

Adapun benzoil peroksida dan retinol, keduanya membatalkan satu sama lain. "Tidak disarankan untuk menggunakan benzoil peroksida dan retinoid bersama-sama karena mereka benar-benar dapat membatalkan satu sama lain sehingga kurang efektif," jelas Marchbein.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vitamin C

"Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas oksidatif dan bekerja paling baik di pagi hari," kata Marchbein. Bahan ini juga mencerahkan kulit dan bahkan dapat menyamarkan flek hitam.

Sementara itu, vitamin C tidak masalah dicampurkan dengan antioksidan dan SPF. Ketika vitamin C digunakan dengan antioksidan lain, seperti vitamin E, dapat meningkatkan hasil dan efisiensi. Hal yang sama berlaku untuk memakai vitamin C di bawah tabir surya.

"Serum vitamin C harus selalu dilapisi di bawah tabir surya karena mereka saling melengkapi dan akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," jelas Marchbein.

Namun, jangan campurkan vitamin C dengan retinol. Berbeda dengan vitamin C, retinol dan retinoid membangun kolagen dan membantu memperbaiki kulit, sehingga paling baik digunakan semalaman. Karena vitamin C tumbuh subur di siang hari, yang terbaik adalah menjaga bahan-bahan ini terpisah satu sama lain karena mereka memiliki fungsi yang berbeda.

Asam AHA/BHA

Asam salisilat, glikolat, dan laktat adalah eksfoliasi efektif yang dapat memperbaiki tekstur kulit, warna kulit, dan dalam kasus SA, mengobati jerawat. Ketiga asam ini dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit. Intinya, saat menggunakan produk dengan asam AHA atau BHA, lanjutkan dengan produk yang menghidrasi.

"Melembabkan setelah mengoleskan AHA dan BHA sangat penting untuk membatasi iritasi. Carilah ceramide, petrolatum, asam hialuronat, dan gliserin untuk menghidrasi dan menenangkan kulit," kata Marchbein.

Menggunakan produk yang menggabungkan beberapa asam AHA dan BHA tingkat rendah dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengelupas dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Seperti retinol, asam AHA/BHA dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Meskipun Anda harus memakai tabir surya setiap hari terlepas dari produk apa yang ada dalam rutinitas perawatan kulit Anda, sangat penting untuk tidak melewatkan langkah ini saat Anda menggunakan bahan-bahan ini.

Akan tetapi, perlu digarisbawahi, jangan mencampurkan asam AHA/BHA dengan retinol.

"Saya sangat memperingatkan mereka yang juga menggunakan retinoid untuk jerawat atau anti-penuaan karena kombinasi dengan berbagai asam dapat menyebabkan sensitivitas kulit yang berlebihan, iritasi, dan kemerahan. Sebenarnya, AHA dan BHA biasanya tidak boleh digunakan bersama dengan retinoid pada hari yang sama, " jelas Marchbein.

"Juga, berhati-hatilah dalam menggabungkan berbagai asam atau bahkan pengelupasan fisik dan kimia, karena ini dapat menyebabkan iritasi dan bahkan eksim."

 

3 dari 4 halaman

Benzoil peroksida

“Karena perawatan jerawat, secara umum, dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit, menggabungkannya bersama-sama perlu dilakukan dengan hati-hati dan setiap bagian dari rutinitas perawatan kulit (yaitu pembersih dan pelembab) harus sangat lembut dan sangat menghidrasi, masing-masing," jelas Marchbein.

Benzoil Peroksida dengan bahan pelembab lembut, SPF, dan antibiotik topical, seiring dengan bahan pelembab yang dapat menyangga efek dehidrasi benzoil peroksida, komponen pelawan jerawat dapat digunakan bersama dengan perawatan topikal resep seperti klindamisin. SPF juga harus dipakai setiap hari.

Sebagai catatan, jangan campur benzoil peroksida dengan retinol, resep jerawat tretinoin dengan hati-hati. Seperti yang disebutkan sebelumnya, benzoil peroksida dan retinol dapat menonaktifkan satu sama lain ketika digunakan bersama. Sementara perawatan jerawat resep dapat digunakan dengan BP, tretinoin membutuhkan perawatan ekstra.

Lortscher menjelaskan, "Tergantung pada bagaimana produk itu diformulasikan, benzoil peroksida mungkin agak menonaktifkan tretinoin jika dicampur bersama dalam botol yang sama. Mereka tampaknya bekerja dengan baik menurut pengalaman kami ketika dioleskan ke kulit satu demi satu — dan tidak masalah dalam urutan mana, cukup gosok satu produk dengan lembut dan menyeluruh sebelum menerapkan yang lain."

"Jika Anda ingin meminimalkan kemungkinan interaksi jika Anda menggunakan tretinoin, oleskan formulasi yang mengandung tretinoin di PM, dan gunakan benzoil peroksida Anda di AM, atau gunakan pembersih benzoil peroksida pencuci daripada melapiskan daun- pada benzoil peroksida,” sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Niacinamide

Kandungan ini dikenal sebagai vitamin B3, antioksidan ini merupakan anti-inflamasi yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan perubahan warna.

"Karena niacinamide adalah anti-inflamasi, kulit bereaksi sangat minimal, dan efek samping seperti iritasi tidak biasa," jelas Lortscher. "Ini harus kompatibel dengan sebagian besar produk perawatan kulit lainnya, dan untuk hasil terbaik, gunakan produk yang dibiarkan seperti pelembab."

Namun, jangan campur niacinamide dengan vitamin C. Meskipun keduanya antioksidan, vitamin C adalah salah satu bahan yang tidak kompatibel dengan niacinamide.

"Keduanya adalah antioksidan yang sangat umum digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, tetapi tidak boleh digunakan satu demi satu," kata Marchbein. "Kekuatan mereka berkurang secara signifikan ketika digunakan bersama-sama, kecuali jika aplikasi diberi jarak setidaknya 10 menit di antara setiap serum."

SPF

Jika Anda akan menggunakan satu produk perawatan kulit, buatlah SPF. Ini satu-satunya cara untuk secara efektif melindungi kulit dari kanker dan agresor lingkungan yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Mengingat pentingnya, SPF dapat dilapiskan di atas bahan perawatan kulit apa pun.

Yang patut diketahui, SPF dapat dan harus digunakan dalam setiap dan setiap rutinitas perawatan kulit. Namun, lebih baik, SPF tidak dicampurkan dengan riasan atau pelembab.

Ya, SPF bisa terasa seperti langkah ekstra dalam rutinitas perawatan kulit yang sudah ekstensif, tetapi jangan mencoba mengambil jalan pintas.

"Jangan mencampur tabir surya Anda dengan riasan atau pelembap Anda dan gunakan seperti pada - tabir surya harus diterapkan sebagai satu lapisan untuk mempertahankan faktor pelindung," kata Lortscher.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.