Sukses

Rambut Terlihat Lebih Segar Meski Tanpa Keramas, Bagaimana Caranya?

Rambut yang jarang dikeramas mungkin lebih berminyak dan lepek. Hal itu karena tidak dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta Jarangnya mencuci rambut atau keramas bisa membuat rambut lepek dan terlihat tidak segar. Bagi sebagian orang yang mungkin memiliki waktu lebih sedikit untuk keramas, namun ingin rambut tampak segar, Anda bisa menyiasatinya dengan cara lain.

Lantas, dengan cara apa?

Rambut yang jarang dikeramas mungkin lebih berminyak dan lepek. Hal itu karena tidak dibersihkan. Padahal mungkin Anda telah melewati hari-hari dengan beragam aktivitas sehingga tubuh berkeringat.

Karena itu, beberapa orang mungkin ada yang masih bertanya-tanya atau bahkan sudah memiliki solusi untuk mengatasinya. Meskipun Google dipenuhi dengan artikel yang berisi tentang bagaimana mencuci rambut lebih jarang dapat bermanfaat, para ahli rambut di Singapura mengatakan Anda harus berpikir dua kali untuk melakukannya.

“Banyak dari artikel ini ditulis oleh penulis yang tinggal di negara non-tropis. Jadi, ini tidak sepenuhnya berlaku untuk orang yang tinggal di iklim panas dan lembab seperti kita, di mana kita berkeringat setiap hari dan produksi sebum kita lebih aktif,” kata Associate Director Chez Vous Hair Salon Charles Chong seperti dilansir dari CNA Lifestyle, Selasa (30/8/2022).

Lagi pula, seperti bagaimana mencuci wajah dan tubuh dengan sabun setiap hari untuk menghilangkan keringat, minyak dan kotoran adalah masalah kebersihan yang juga sering terjadi di kulit kepala dan rambut. Oleh sebab itu, demi mencegah komplikasi, seperti kulit kepala gatal atau serpihan yang tidak sedap dipandang, rambut juga perlu dibersihkan.

“Kotoran dan sebum menumpuk sepanjang hari dan keringat dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan peradangan pada kulit kepala,” kata salah satu Pendiri Coulisse Heir Selina Ong.

Inilah sebabnya mengapa ahli rambut sangat menganjurkan bagi orang yang cenderung memiliki kulit kepala berminyak atau cenderung berkeringat agar mencuci rambut setiap hari menggunakan sampo yang cocok sesuai dengan jenis rambut.

Yang mengatakan, orang yang memiliki rambut rusak parah, dikelantang atau diwarnai dalam warna trendi seperti abu-abu, warna pastel atau merah muda atau kulit kepala yang sensitif, kering dan dehidrasi mungkin merasa bermanfaat ketika keramas lebih jarang untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada rambut.

Dalam kasus seperti itu atau jika Anda hanya merasa malas sesekali, inilah yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambut terlihat lebih segar bahkan ketika Anda melewatkan satu atau dua hari keramas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengoleskan Serum

Seperti banyak yang berkata, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, segera keringkan rambut yang baru dicuci dengan handuk, kemudian oleskan serum atau tonik kulit kepala yang dapat membantu mengendalikan minyak atau bau kulit kepala.

“Meskipun ini tidak menggantikan pembersihan yang tepat dengan keramas, ini dapat membantu menjaga agar rambut tetap segar dengan mencegah penyerapan bau dari lingkungan sekitar,” kata Manajer Pendidikan Shiseido Professional Tien Goh.

Menghindari Solusi Perawatan DIY

Beberapa peretasan menyarankan untuk menaburkan bedak, tepung jagung, atau tepung ke rambut untuk menyerap minyak berlebih. Padahal kenyataannya, jangan lakukan itu karena ini tidak diformulasikan untuk digunakan pada rambut dan kulit.

Jika Anda kurang beruntung, kulit Anda mungkin bereaksi buruk. Hal itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan gatal sampai akhirnya Anda membasuh semuanya. Atau, jika Anda tidak berhati-hati dalam menyikat semua bedak atau tepung, Anda mungkin akan berakhir dengan bintik-bintik putih yang tidak sedap dipandang di rambut Anda.

Gunakan Sampo Kering

Dengan sampo kering yang tersedia, Anda bisa mengatasinya. Cukup semprotkan pada rambut, lalu biarkan selama beberapa menit sebelum menyisir rambut Anda.

Jika Dalam Keadaan Darurat, Seperti Setelah Gym

Jika Anda baru saja menyelesaikan sesi kebugaran yang sangat berkeringat, keramaslah rambut Anda sesegera mungkin untuk alasan kebersihan. Tetapi jika hanya berkeringat sedikit, seperti setelah kelas yoga yang lembut, Anda bisa melewatkan sampo dan cukup membilas rambut dengan air. Kemudian diikuti dengan kondisioner tanpa bilas di ujungnya.

“Airnya akan membilas keringat yang berbahan dasar air, sedangkan kondisioner atau leave-in treatment bisa membuat rambut lebih harum,” kata Goh.

Sebagai alternatif, Ng menyarankan untuk melipat rambut Anda di bagian acak dan kemudian melepaskan semuanya saat Anda tiba di janji temu berikutnya untuk menciptakan gelombang bertekstur.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.