Sukses

Para Pejuang Akhir Pekan, Tetap Berolah Raga demi Turunkan Risiko Kematian Dini

Studi bertajuk Pedoman Aktivitas Fisik untuk Orang Amerika menyebutkan, orang dewasa harus mendapatkan 150 menit aktivitas fisik dan dua hari aktivitas penguatan otot dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta Para pejuang akhir pekan, sebutan bagi mereka yang baru mendapatkan jeda beristirahat di akhir pekan ternyata masih bisa mencegah penyakit jika mereka bisa mengemas latihan atau olah raga dalam beberapa hari, menurut sebuah studi baru.

Studi bertajuk Pedoman Aktivitas Fisik untuk Orang Amerika menyebutkan, orang dewasa harus mendapatkan 150 menit aktivitas fisik dan dua hari aktivitas penguatan otot dalam seminggu. 

Jika Anda mencoba menyebarkannya selama seminggu bersama dengan pekerjaan, tugas, memasak, dan membersihkan, itu bisa terdengar sangat banyak.

Melansir laman CNN, Selasa (12/7/2022), dikatakan jika orang yang aktif secara fisik – baik itu hanya pada akhir pekan atau lebih sering – memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada orang yang tidak aktif, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan JAMA Internal Medicine.

Penulis studi Leandro Rezende yang juga merupakan asisten profesor epidemiologi di departemen kedokteran pencegahan di Universitas Federal Sao Paulo di Brasil mengatakan jika tidak ada perbedaan besar dalam semua penyebab atau penyebab spesifik kematian antara mereka yang berolahraga secara teratur dan pejuang akhir pekan. Ini selama mereka mendapatkan jumlah aktivitas fisik sedang hingga berat yang sama dalam seminggu.

"Ini adalah kabar baik mengingat pola aktivitas fisik prajurit akhir pekan mungkin menjadi pilihan yang lebih nyaman bagi banyak orang untuk mencapai tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan," kata Rezende.

Selama Anda mendapatkan 150 menit olahraga yang dibutuhkan orang dewasa setiap minggu - atau lebih - berolahraga kapan pun Anda bisa menyesuaikannya dapat membantu menurunkan tingkat kematian Anda, menurut penelitian.

Hasilnya dapat membantu pejabat kesehatan masyarakat mempromosikan aktivitas fisik bahkan di antara orang-orang sibuk dan mendukung gagasan bahwa "setiap menit aktivitas fisik penting," kata Eric Shiroma, Staf Ilmuwan di National Institute on Aging.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak kesehatan lain yang harus diwaspadai

Manfaat dari olahraga akhir pekan adalah berita bagus bagi orang-orang dengan hari kerja yang sibuk, kata Santas. Tetapi alangkah lebih baik untuk tetap berolahraga selama seminggu.

Studi ini tidak memperhitungkan dampak tidur, cedera, atau kesehatan mental dari olahraga teratur setiap hari, jadi penting untuk mengingatnya, tambah dua.

"Tubuh dirancang untuk bergerak," kata Santas. "Menjadi tidak aktif sepanjang minggu dapat meningkatkan kerentanan terhadap cedera jika Anda terlalu keras dalam latihan akhir pekan Anda."

Dengan mengingat hal itu, bahkan lebih penting bagi pejuang akhir pekan untuk memastikan mereka melakukan pemanasan dengan benar dan memperhatikan bentuk, katanya.

Sebuah studi pada 2018 juga menemukan bahwa olahraga memainkan peran besar dalam kesehatan mental. Peserta dalam penelitian melaporkan jika saat berolahraga, mereka sekitar 1,5 hari lebih sedikit memiliki "kesehatan mental yang buruk" dalam sebulan terakhir dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

Dan sebagian besar dari dampak kesehatan lain adalah mendapatkan tidur yang baik. Mendapatkan cukup olahraga setiap hari dapat membantu tubuh kita menginginkan istirahat secara alami di penghujung hari, kata Santas.

Latihan harian untuk membantu tidur tidak harus membuat Anda berkeringat dan kehabisan napas. Tetapi Anda harus berusaha untuk meningkatkan pernapasan dan detak jantung.

Itu bisa berarti mencurahkan 20 sampai 25 menit untuk jalan cepat, bersepeda atau latihan beban tubuh untuk tidur yang lebih baik, kata Santas.

Shiroma merekomendasikan lima cara untuk menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari hidup Anda: Temukan cara-cara kecil seperti menaiki tangga; berolahraga dengan cara yang Anda sukai.

Kemudian membuatnya sosial dengan teman-teman; membuat dan menghargai tujuan; dan membangun kembali secara bertahap ketika Anda jatuh dari rutinitas Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.