Sukses

Ini Dia Alasan Kuku Sering Terkelupas

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mendambakan punya kuku bersih dan sehat. Namun sayangnya, beberapa masalah kuku sering muncul. Salah satunya kuku terus menerus mengelupas.

Jika hal itu sedang terjadi pada Anda, jangan khawatir. Sebab, kuku yang mengelupas bukan jadi tanda sebuah penyakit atau sejenisnya. Akan tetapi, mengelupasnya kuku itu disebabkan oleh aktivitas sehari-hari.

Sebetulnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan kuku Anda terkelupas. Jika kuku mengalami trauma dan kerusakan, kemungkinan Anda akan melihatnya terkelupas terus-menerus.

Lantas apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kuku mengelupas?

Melansir laman Timesnownews, Rabu (6/7/2022), berikut ini alasan kuku terkelupas yang bisa disebabkan dari aktivitas sehari-hari.

1. Terlalu sering menggunakan cat kuku

Terlalu sering menggunakan cat kuku bisa menyebabkan kuku terkelupas. Jadi, sangat disarankan untuk memberi jeda saat Anda ingin mencoba banyak cat kuku.

Jika tidak memberikan jeda tersebut, itu berarti Anda tak memberi kuku Anda kesempatan untuk bernapas, maka itu adalah kesalahan.

2. Mengelupas cat kuku

Kesalahan umum lainnya yang tidak sedikit orang lakukan adalah mengelupas cat kuku. Seringkali beberapa orang merasa ingin cepat dan terburu-buru ketika akan mengelupas cat kuku. Padahal ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menghapusnya baik-baik. Itu salah satu cara terbaik dibanding mengelupas cat kuku secara paksa.

3. Membasahi tangan terlalu lama

Jika Anda termasuk orang yang menjaga tangan tetap basah dalam waktu lama, kemungkinan besar Anda akan memiliki kuku yang lembut. Namun, itu berarti bahwa kuku akan lebih rentan terhadap kerusakan.

 

 

2 dari 2 halaman

4. Terlalu sering menggunakan kuku

Maksudnya bahwa Anda terlalu sering atau berlebihan menggunakan ujung kuku sebagai alat. Terlalu banyak tekanan dapat menyebabkan ujung kuku Anda rusak lebih cepat dari sebelumnya.

5. Menggunakan kuku palsu terlalu sering

Meskipun tidak apa-apa untuk mendapatkan kuku palsu sesekali, aplikasi yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan besar pada kuku Anda yang sebenarnya.

6. Produk keras

Terkadang, Anda mungkin cenderung mengoleskan produk pada kuku yang memiliki bahan kimia lebih kuat. Jika terlalu sering menggunakan produk semacam itu, kuku Anda cenderung retak.

Terlepas dari alasan yang disebutkan di atas, ada banyak alasan lain yang dapat menyebabkan Anda memiliki kesehatan kuku yang buruk. Beberapa dari mereka mungkin memerlukan bantuan medis. Akan tetapi, beberapa juga dapat diobati dengan perubahan rumahan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kuku Anda.

a. Jaga kuku Anda sebersih mungkin,

b. Semakin kering kuku Anda, semakin baik,

c. Sebaiknya potong kuku Anda secara teratur,

d. Usahakan agar ujung jari dan kutikula tetap lembap.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati