Sukses

Cari Tahu Manfaat Kismis Hitam, Salah Satunya Mampu Jaga Kesehatan Tulang

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat banyak mengenal kismis berwarna kuning tua atau cokelat. Padahal selain itu, juga ada kismis yang berwarna hitam dan justru berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Kismis hitam dipercaya dapat membantu mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan kotoran dari darah, dan mengurangi tekanan darah tinggi hingga mencegah anemia.

Jadi, kismis hitam adalah termasuk makanan yang baik untuk diet Anda karena mengandung antioksidan alami dan kaya akan zat besi, kata ahli Ayurveda Dixa Bhavsar.

Bhavsar menyarankan untuk merendam kismis sebelum dikonsumsi karena makanan kering dapat memperburuk Vata dosha Anda dan dapat meningkatkan "masalah lambung".

Dia mengatakan bahwa merendam kismis sebaiknya semalaman sehingga membuatnya mudah dicerna.

Selain itu, kismis hitam juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Melansir laman The Indian Express, Rabu (11/5/2022), berikut ini manfaat kesehatan yang ditawarkan kismis hitam.

 

 

2 dari 2 halaman

Manfaat

1. Menjaga kesehatan tulang

Kismis hitam kaya akan potasium yang. Selain itu, juga mengandung kalsium dalam jumlah tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

2. Mengurangi uban dan rambut rontok

Tidak hanya itu, kismis hitam juga kaya akan zat besi, tetapi juga mengandung sejumlah besar vitamin C.

Karenanya, kismis hitam dapat berperan untuk menyerap mineral secara cepat dalam tubuh dan memberikan nutrisi yang tepat untuk rambut.

3. Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Mengonsumsi kismis hitam dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal itu karena kalium dapat membantu mengurangi natrium dalam darah, kata Bhavsar.

4. Mencegah anemia

Kismis biasanya merupakan sumber yang kaya zat besi dan vitamin B kompleks yang mendorong pertumbuhan sel darah merah. Oleh karena itu, mengonsumsi segenggam kismis secara teratur dapat mencegah gejala anemia.

5. Melawan kolesterol jahat

Bhavsar mengatakan bahwa kismis hitam mampu mengurangi kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL juga dijuluki sebagai 'kolesterol jahat' dalam pengobatan dan meningkatkan ketegangan pada jantung untuk melakukan fungsi normal.

6. Baik untuk kesehatan mulut

Tidak hanya itu, kismis hitam juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Hal itu sesuai dengan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Departemen Makanan dan Gizi AS. Makan kismis dapat melindungi Anda dari gigi berlubang.

Menurut peneliti, kismis mengandung lima fitokimia dan antioksidan tanaman termasuk asam oleanolic yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

7. Meredakan sembelit

Terkahir, kismis hitam dikenal karena jumlah serat yang tinggi. Bhavsar mengatakan, "Itu yang dapat membuat tinja menjadi banyak.”

Serat dikenal untuk memberikan bantuan segera dari sembelit dan telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama beberapa dekade.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati