Sukses

Benarkah Vitamin C Ampuh Hilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata? Ini Penjelasan Ahli

Vitamin C sangat efektif untuk mencerahkan kulit dan mengurangi beberapa bintik hitam.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin C terkenal ampuh dalam dunia kecantikan khususnya meratakan warna kulit dan membersihkan hiperpigmentasi. Namun, bisakah kandungan ini juga menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata?

"Ada beberapa alasan untuk masalah lingkaran hitam di bawah mata," kata dokter kulit yang berbasis di Houston DiAnne Davis seperti melansir InStyle, Senin (4/4/2022).

Beberapa di antaranya termasuk vena periorbital di bawah mata yang memiliki warna biru tua hingga hampir ungu tua.

Selain itu, hiperpigmentasi sebagai akibat dari kondisi peradangan, seperti eksim, alergi musiman, atau bahkan reaksi terhadap produk perawatan kulit tertentu dapat menyebabkan lingkaran hitam.

Bahkan terkadang bantalan lemak herniasi yang menyebabkan kantong di bawah mata alias 'kantung mata' juga dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Bagaimana Vitamin C Membantu Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

"Sebagai antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan radikal bebas yang mengambang di udara yang mengakibatkan penuaan, kerutan, dan hiperpigmentasi kulit kita.

Vitamin C menurunkan produksi melanin dengan menghambat tirosinase, yang merupakan enzim yang menghasilkan produksi melanin dan pigmen di kulit," jelas Davis.

Di sisi lain, seorang ahli kecantikan yang berbasis di NYC Vanessa Marc mencatat bahwa vitamin C sangat efektif untuk mencerahkan kulit dan mengurangi beberapa bintik hitam. Namun, vitamin C juga bisa menjadi bahan yang sangat sulit untuk digunakan jika tidak diformulasikan dengan benar, ia kehilangan kemanjurannya seiring waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan Lain yang Dapat Membantu

Menurut Davis, anggapan bahwa krim mata adalah semacam lelucon yang menyakitkan adalah mitos. Kunci untuk melihat hasil, katanya, adalah tentang konsistensi. Setidaknya coba gunakan produk selama beberapa bulan.

"Ketika saya mencari krim mata, saya mencari krim yang sangat menghidrasi karena kulit di bawah mata sangat sensitif dan perlu dihidrasi sebanyak mungkin," katanya.

Sebagai saran, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung ekstrak pohon mimosa, niacinamide, dan ekstrak daun teh hijau yang membantu mencegah dan mengurangi lingkaran hitam. Sebab, kandungan itu dapat membantu mengurangi kelopak mata atas yang kendur.

Cara Lain

Bila lingkaran hitam di bawah mata tak kunjung hilang, coba konsultasikan dan minta perawatan dokter lebih lanjut.

"Jika pasien memiliki vena periorbital maka biasanya saya merekomendasikan perawatan laser khusus untuk membantu merawat vena dengan aman dan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata," kata Davis.

Ada juga pilihan yang lebih invasif yang tersedia. "Jika seorang pasien memiliki bantalan lemak hernia maka biasanya saya akan melakukan blepharoplasty kelopak mata bawah," tambahnya.

"Ini akan menghilangkan bantalan lemak hernia dan menghaluskan kulit untuk membantu memperbaiki penampilan area bawah mata," jelasnya lebih lanjut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini