Sukses

Diadaptasi dari Kasus Kejahatan Nyata, Berikut Ini Fakta Drama Taxi Driver di Vidio

Cerita dalam setiap episode drama Taxi Driver ternyata diadaptasi dari kasus kejahatan nyata di Korea. Simak fakta menarik drama Korea Taxi Driver yang tayang di Vidio.

Liputan6.com, Jakarta Taxi Driver merupakan drama Korea bergenre aksi kriminal yang dirilis pada 9 April 2021. Drama ini berjumlah 16 episode, yang berakhir pada 29 Mei 2021. Disutradarai oleh Park Joon Woo, serta diperankan oleh Lee Je Hoon sebagai Kim Do Ki, Esom sebagai Kang Ha Na, Kim Eui Sang sebagai Jang Sung Chul, dan Pyo Ye Jin sebagai Ahn Go Eun. 

Drama Korea Taxi Driver menceritakan tentang Jang Sung Chul, seorang pengelola Yayasan Bluebird, yang juga pemilik perusahaan jasa Taxi Pelangi. Ia memiliki pengalaman pahit tentang kasus pembunuhan orang tuanya beberapa tahun silam. Sung Chul menyimpang dendam kepada sang pembunuh yang keji karena telah membunuh orang tuanya secara sadis. 

Ia kemudian memikirkan dengan matang bagaimana caranya ia bisa membalaskan dendam para pelaku pembunuh dan kekerasan. Akhirnya Sung Chul membuka jasa “Taxi Pelangi Mewah” secara sembunyi-sembunyi untuk dapat membantu para korban kekerasan membalaskan dendamnya kepada pelaku.

Ia merekrut empat orang untuk bekerja dengannya di “Taxi Pelangi Mewah”. Dalam setiap episode, drama Taxi Driver memberikan kasus/cerita yang berbeda. Berikut ini adalah fakta menarik dalam drama Korea Taxi Driver yang beberapa kasusnya diangkat dari kasus kejahatan nyata. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kasus Cho Do Chul Terinspirasi dari Kasus Kejahatan Asli

Pada episode pertama, Taxi Pelangi Mewah mendapat tugas untuk membalaskan dendamnya pada Cho Do Chul, yang merupakan tersangka kasus pemerkosaan. Do Chul mendapatkan masa tahanan yang singkat, sehingga masyarakat dan wartawan tidak terima dengan hukuman Cho Do Chul yang ringan. Mereka melemparinya dengan telur saat ia keluar dari penjara. 

Cho Do Chul diberikan keringanan masa tahanan oleh Kepala Jaksa Penuntut Umum, karena ia melakukan tindak pemerkosaan saat mabuk. Dalam hukum di Korea, pelaku tindak kriminal akan mendapat keringanan hukuman, jika melakukan kejahatan ketika sedang mabuk. 

Kasus Cho Do Chul dalam drama Taxi Driver, terinspirasi dari kisah nyata kasus pemerkosaan oleh pria bernama Cho Doo Soon pada tahun 2008. Ia memperkosa seorang anak perempuan berusia 8 tahun, dan kemudian membunuhnya.

Dalam persidangan, Cho Doo Soon mengaku bahwa ia melakukan tindakan tersebut dalam keadaan mabuk. Akhirnya, ia mendapat keringanan hukuman. Hal ini menimbulkan kemarahan pada masyarakat saat itu. 

3 dari 4 halaman

2. Episode 2 Menggambarkan Kasus Perbudakan terhadap Disabilitas di Tambak Garam

Dalam episode 2 Taxi Driver, menceritakan kisah Kang Maria, seorang disabilitas intelektual yang tinggal di rumah asuh. Melihat usianya yang sudah matang untuk bekerja, seorang pekerja sosial memberikan lapangan pekerjaan kepada Maria di salah satu pabrik jeotgal.

Maria yang memiliki kemampuan pada bidang komputer, dipekerjakan sebagai pembersih sisik ikan. Awalnya ia tidak mau karena takut ikan, namun setelah disiksa oleh sang atasan, akhirnya Maria mau mengerjakannya. 

Selama bekerja di pabrik tersebut, Maria dan beberapa buruh lain sering mendapat kekerasan, bahkan penyiksaan yang membuat Maria mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Pabrik tersebut mempekerjakan tenaga disabilitas karena upah yang murah dan juga menganggap orang dengan disabilitas tidak memiliki kuasa sehingga mudah baginya untuk memperbudak mereka. 

Cerita ini terinspirasi dari kasus serupa yang terjadi pada perbudakan di pulau garam Korea. Buruh yang bekerja di sana, notabene merupakan penyandang disabilitas intelektual. Mereka juga sering mendapat kekerasan, penyiksaan, bahkan upah yang tidak dibayarkan selama berbulan-bulan.

Sayangnya, karena terlalu banyak tambak garam, dan buruh yang bekerja, sehingga pemerintah sulit untuk melacak semua, sehingga perbudakan tersebut masih terjadi sampai sekarang. 

4 dari 4 halaman

3. Tidak Menggunakan efek CGI dalam Pembuatan Drama

Dilansir dari thesmartlocal, SBS menunjukkan beberapa set di lokasi syuting, terutama di gua tersembunyi menuju markas kantor Taxi Pelangi Mewah. Para kru mendesain set gua tersembunyi sedemikian rupa, hingga benar-benar menyerupai bunker rahasia, dengan bantuan mesin dan alat yang canggih. 

Seperti tempat keluarnya taksi yang dikendarai Dok Ki, yang muncul dari bawah tanah juga menggunakan teknologi lift dengan menekan tombol, mobil pun terangkat dan keluar dari bunker.

Hal ini dilakukan untuk menampilkan kesan realistis dari sebuah drama. Berikut tadi adalah fakta-fakta dari drama Korea Taxi Driver. Sudah penasaran dengan cerita dalam drama Korea Taxi Driver? Streaming Taxi Driver full episode hanya di aplikasi Vidio. 

Penulis: Nida Zhafira P. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.