Sukses

Atur Pola Makan untuk Kurangi Jerawat dengan 7 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Jerawat membutuhkan usaha ekstra untuk diatasi. Pasalnya, jerawat bisa muncul kapan saja karena perubahan cuaca hingga pengaruh dari makanan yang dikonsumsi.

Sebagian orang harus berjuang untuk menghilangkan jerawat dalam jangka waktu yang lama. Sebelum jerawat tersebut tumbuh, menjadi penting untuk mengedukasi diri terkait cara mengurangi pertumbuhan dan efek jerawat pada kulit.

Selain mendapatkan perawatan untuk mengatasi jerawat, Anda juga bisa mengubah pola makan untuk mengurangi pertumbuhan jerawat. Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan bebas dari jerawat, simak tujuh tips berikut seperti yang dilansir dari NDTV Food.

1. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng seperti kentang goreng (french fries) menjadi favorit semua orang. Namun, makanan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, mengganggu sirkulasi darah, hingga memperparah jerawat.

Anda harus menghindar dari makanan yang digoreng untuk mengurangi jerawat.

2 dari 3 halaman

2. Kurangi Asupan Susu

Hormon pertumbuhan sangat banyak ditemukan dalam susu sapi, seperti IGF-1 dan Bovine. Setiap kali Anda menyerap hormon-hormon tersebut, kesehatan kulit bisa terganggu.

Whey dari produk susu juga memiliki efek androgenik yang bisa mengganggu hormon dan menyebabkan jerawat.

3. Kurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam secara berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, kandungan yodium dalam garam juga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Jadi, lebih baik jika Anda bisa mengurangi asupan garam.

4. Hindari Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi mengandung karbohidrat yang bisa dicerna dengan cepat oleh tubuh. Dengan demikian, kadar gula darah juga naik lebih cepat.

Namun, makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan jerawat. Beberapa contoh makanan tersebut, yaitu sirup jagung, gula, tepung putih, biji-bijian olahan, saus, kecap, soda, dan daging olahan dengan gula tersembunyi.

 

3 dari 3 halaman

5. Hindari Makanan Olahan

Lemak jenuh dan lemak trans bisa menyebabkan peningkatan produksi sebum (zat berminyak berwarna kekuningan) di kulit. Setelah itu, jerawat akan tumbuh dengan mudah.

Oleh karena itu, makanan olahan, seperti keripik kemasan, makanan asin dan berlemak, hingga minuman kaleng harus dihindari.

6. Perkaya Omega-3

Flaxseeds, chia seeds, dan minyak ikan harus dikonsumsi untuk menjaga kulit dalam kondisi baik. Makanan tersebut bisa meningkatkan kesehatan kulit dan memiliki manfaat lainnya untuk tubuh.

7. Konsumsi Makanan Kaya Zinc

Makanan kaya zinc, seperti biji labu, tiram, dan kacang merah bisa membantu mencegah bakteri penyebab jerawat.

Reporter: Shania