Sukses

5 Pantangan Penderita Psoriasis yang Harus Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Psoriasis merupakan salah satu iritasi yang biasa terjadi pada kulit. Gangguan kulit ini sering muncul dan dirasakan bagi sebagian orang. Perlu perhatian lebih ketika seseorang memiliki penyakit iritasi kulit ini ketika merawatnya.

Merawat kulit yang terkena psioriasis bisa minum obat sesuai anjuran dokter atau menghindari segala hal yang menjadi penyebab kulit iritasi.

Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa poin penting terkait perawatan kulit bagi penderita psoriasis agar tidak semakin memperburuk keadaan kulit.

Mengutip laman CNN, Selasa (23/02/2021), berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan penderita psoriasis untuk merawat kulit.

1. Jangan biarkan kulit terbuka ketika cedera

Adanya luka pada kulit penderita psoriasis dapat menyebabkan pembentukan plak di area cedera, meski luka itu tidak terlalu besar. Reaksi itu bernama Koebner.

Seorang dokter kulit dari Jerman mengatakan, setiap cedera yang meluas dapat menyebabkan plak kulit yang selanjutnya mengalami Koebner. Hal itu terjadi pada sekitar 50 persen dari penderita psoriasis.

2. Berhati-hati ketika membersihkan area kulit

Banyak dokter merekomendasikan kepada penderita kulit ini untuk rutin mandi setiap harinya guna menjaga kebersihan kulit dan terbebas dari infeksi.

Akan tetapi, janganlah menggunakan air panas ketika membersihkannya. Sebab, air panas justru akan membuat kulit lebih kering dan rapuh. Ada baiknya jika Anda menggunakan air hangat untuk mandi atau membersihkan area kulit tersebut.

Setelah selesai membersihkan seluruh tubuh, keringkan badan dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap agar kulit tidak kering. Dengan cara seperti itu, akan membantu Anda melembapkan kulit kering.

 

2 dari 2 halaman

3. Jangan abaikan kulit kering

Ketika kulit Anda kering, akan terasa lebih gatal. Secara otomatis, Anda mungkin akan langsung menggaruknya.

Akan tetapi, hal itu akan dapat memperburuk keadaan penderita psoriasis. Oleh karena itu, untuk menghindari kulit kering tersebut, Anda sebaiknya mengoleskan pelembap.

Namun, Anda pun jangan sembarang menggunakan pelembap untuk kulit. Konsultasikan dulu kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi pelembap yang bisa Anda gunakan. Sebab, berbagai produk yang dijual pasaran belum tentu akan memperbaiki keadaan kulit. Bisa jadi, justru akan menambah masalah.

4. Jangan sampai terbakar sinar matahari

Perlu diketahui, sinar matahari cukup baik bagi penderita psoriasis karena akan menghasilkan banyak vitamin D dan membantu penyembuhan psoriasis. Akan tetapi, penderita psoriasis jangan sampai mendapatkan sinar matahari berlebih. Ketika kulit terkena paparan sinar matahari terlalu lama, justru akan menyebabkan kulit terbakar sehingga justru akan memperburuk keadaan saja. Konsultasikan pada dokter kulit Anda mengenai hal ini dan apa produk yang aman sebagai tabir surya untuk Anda gunakan.

5. Jangan menggaruk plak kulit

Ketika plak muncul, rasa gatal akan sering muncul dan Anda akan merasa ingin sangat menggaruknya. Namun pada saat itu, Anda tidak boleh menggaruknya secara kuat terlebih dengan kuku yang tajam. Gunakanlah krim kulit untuk meredakan rasa gatal tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa berusaha untuk menghindari rasa gatal tersebut dengan mendinginkan suhu ruangan serta jangan menggunakan pakaian yang berbahan wol dan serat yang membuat gatal. Jika rasa gatal itu tak tertahankan, cobalah dengan mengompres area kulit tersebut dengan kompres es.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah