Sukses

3 Buah Kering yang Ternyata Bisa Dipakai untuk Perawatan Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Buah kering merupakan salah satu bahan yang biasanya dicampurkan untuk makanan, seperti makanan penutup, kue, dan sejenisnya. Ternyata kegunaan buah kering tak hanya itu. Bagi yang belum mengetahui, buah kering ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

Jika Anda memiliki banyak persediaan buah kering di dapur, janganlah hanya didiamkan. Ambillah dari tempat persediaan dan manfaatkanlah untuk bahan kecantikan. Buah kering ini bisa Anda manfaatkan untuk perawatan kecantikan, khususnya untuk kulit.

Apa sajakah buah kering yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit agar terlihat bercahaya? Berikut ini tiga jenis buah kering yang bisa mempercantik kulit Anda, seperti melansir laman Times of India, Rabu (3/2/2021).

1. Kacang almond

Salah satu jenis kacang-kacangan ini mungkin sudah banyak dikenal karena dianggap mampu meningkatkan kilau alami pada kulit.

Selain itu, kacang almod juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit kering, meningkatkan elastisitas, dan menyamarkan garis halus pada kulit Anda.

Cara menggunakan kacang almond untuk perawatan kecantikan cukup mudah. Anda hanya perlu merendam 4-5 kacang almond dalam air semalaman.

Keesokan harinya, angkat almond dari rendaman dan haluskan bersama pisang. Anda bisa menggunakan campuran kedua bahan tersebut sebagai scrub wajah.

Untuk menikmatinya, Anda bisa sambil memijat lembut wajah Anda. biarkanlah selama sekitar 10-15 menit kemudian baru membersihkannya.

 

2 dari 2 halaman

2. Kenari

Selain kacang almond, salah satu jenis kacang lain juga memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit. Dia adalah kacang kenari.

Kandungan vitamin B pada kacang kenari dapat membantu Anda untuk mencegah bintik-bintik hitam serta garis halus di wajah. Kacang ini pun dianggap sebagai agen pengelupasan kulit wajah yang baik karena dapat menyingkirkan sel kulit mati.

Untuk memanfaatkan khasiatnya, Anda perlu menggiling setidaknya 3-4 kenari. Setelah halus, campurkanlah dengan satu sendok madu.

Kemudian campuran tersebut bisa langsung dioleskan ke wajah Anda. Biarkanlah mengering hingga sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah. Dengan perawatan rutin tersebut, semua sel kulit mati dan minyak berlebih akan menghilang dari kulit wajah Anda.

3. Kismis

Kismis atau anggut kering juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Kismis itu sendiri dianggap dapat membantu melembapkan kulit dan bahkan bisa mempertahankan kelembapannya.

Caranya, Anda bisa ambil 5-6 kismis dan menghaluskannya. Setelah itu, campurkan sekitar dua sendok susu dan aduk hingga teksturnya seperti masker. Kemudian aplikasikanlah campuran tersebut ke wajah dan leher Anda. Seperti biasa, diamkanlah hingga sekitar 15 menit baru setelah itu dibilas.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah