Sukses

5 Bahan Alami Ini Dinilai Ampuh Usir Flek Hitam, Cobain!

Di samping perawatan klinis dan kosmetik untuk kulit, ternyata flek atau bintik hitam pun bisa dihilangkan hanya dengan bahan rumahan.

Liputan6.com, Jakarta Bintik atau flek hitam dapat mengganggu dan menurunkan semangat untuk tampil percaya diri. Memang tidak semua orang memiliki bintik atau flek hitam.

Namun, bagi mereka yang memiliki tanda tersebut pasti merasa kesal karena terkadang muncul di area wajah, lengan, atau leher. Meskipun riasan membantu menyembunyikannya, tetapi itu hanya untuk waktu sementara.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi penyebab munculnya bintik hitam, yakni jaringan parut dan hiperpigmentasi yang disebabkan paparan sinar matahari yang ekstrem.

Jenis kulit yang mengandung lebih besar melanin cenderung lebih rentan terkena flek hitam dibandingkan jenis kulit lainnya

. Bekas jerawat, waxing, dan pengelupasan berlebihan juga menjadi pemicu munculnya bintik hitam. Hal itu tentu dapat mengganggu kepercayaan diri.

Vitamin C dan E merupakan kedua bahan penting yang dapat membantu Anda memperbaiki kulit. Kedua kandungan tersebut dinilai dapat memberikan pendekatan holistik lengkap untuk menampilkan kulit terlihat lebih cantik.

Di samping perawatan klinis dan kosmetik untuk kulit, ternyata flek atau bintik hitam pun bisa dihilangkan hanya dengan bahan rumahan. Bahan-bahan itu pun mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Melansir laman Swirlster NDTV, berikut ini beberapa bahan alami pilihan yang dinilai mampu mengurangi dan menghilangkan biktik dan flek hitam sehingga akan memunculkan kulit bersih Anda.

1. Pepaya

Salah satu buah berwarna oranye ini merupakan exfliant alami yang sering digunakan untuk anti penuaan dan kulit kering dengan menghilangkan lapisan atas sel kulit dan memproduksi sel-sel baru.

Caranya cukup mudah, ambil beberapa potong pepaya dan letakkan dalam mangkuk. Setelah itu, Anda bisa menghaluskannya. Kemudian oleskan pepaya yang sudah dihancurkan tadi ke wajah atau area yang terdapat flek atau bintik hitam.

Jadikanlah sebagai masker untuk membersihkan kulit Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu sedikit menggosok lembut pada kulit Anda dengan gerakan melingkar. Biarkan mengering, baru setelah itu bilas dengan air dan keringkan.

Pepaya juga merupakan salah satu buah yang paling serba guna yang dinilai cocok untuk semua jenis kulit. Selain mampu menghilangkan flek hitam, pepaya juga dinilai mampu memberikan kilau alami dan lembut untuk kulit karena mengandung AHA dan merupakan eksfoliator lembut yang baik.

2. Kunyit

Kunyit memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Selain berkhasiat untuk penyembuhan dan mengurangi peradangan, kunyit pun bisa menjadi obat untuk masalah pencernaan.

Namun tak hanya itu, ternyata kunyit pun bermanfaat untuk dunia kecantikan khususnya dalam perawatan kulit. Kunyit dinilai mampu mencegah flek hitam.

Untuk menghilangkan flek hitam tersebut, Anda hanya perlu menambahkan 2 sendok makan kunyit ke dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan madu.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbilang cepat, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes cairan lemon. Setelah mencampurkan segala bahan tersebut, oleskanlah masker tersebut ke kulit Anda.

Biarkan selama beberapa menit, 15 -20 menit. Setelah itu, barulah bilas. Namun, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, hindarilah penggunaan cairan lemon. Selain itu, untuk bekas luka yang masih baru pun sebaiknya menghindari cairan lemon itu pula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gel lidah buaya

Tak perlu diragukan, gel lidah buaya atau aloe vera ini merupakan bahan yang paling populer dalam soal perawatan khususnya untuk kulit.

Gel lidah buaya termasuk ke dalam bahan yang dinilai mampu menghilangka bintik hitam terutama akibat jaringan parut karena memiliki sifat antiinflamasi. Bahan ini benar-benar telah dicoba dan diuji memang bermanfaat untuk kulit.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil lidah buaya dan mengoleskan gelnya atau bisa pula Anda menggunakan gel lidah buaya yang sudah dalam kemasan.

Saat mendapatkan gel lidah buaya, Anda bisa memotong daunnya tersebut dan mengoleskan gel langsung ke wajah yang terdapat luka atau bekas luka. Jika Anda tidak memiliki tanaman tersebut, gel lidah buaya dalam kemasan bisa kalian cari karena pasti telah dijual di toko-toko kosmetik.

4. Tomat

Salah satu bahan yang kaya akan likopen ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Ternyata tomat juga bisa digunakan menjadi tabir surya, justru berasal dari bahan alami.

Cukup dengan menghaluskan tomat dan mengoleskannya pada kulit Anda khususnya yang terdapat bintik atau flek hitam, maka segala flek hitam akan hilang.

Jangan lupa untuk memijat lembut kulit Anda dengan gerakan melingkar. Anda pun bisa menambahkan beberapa tetes cairan lemon dan mencampurkannya dengan tomat yang ditumbuk untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

5. Minyak almond

Minyak almond memang kaya akan vitamin E sehingga dinilai mampu mengurangi munculnya bintik hitam. Selain membantu mengurangi flek hitam, minyak almod juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit.

Mudah sekali, Anda hanya pelu menambahkan beberapa tetes minyak almod ke kulit secara teratur untuk mengurangi bintik hitam yang ada di kulit.

Salah satu kabar baiknya pula, minyak almond yang manis iu tidak bersifat komedogenik. Artinya, bahan ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga dapat pula digunakan oleh semua jenis kulit.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.