Sukses

5 Kesalahan Merawat Rambut yang Perlu Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah salah satu anggota tubuh yang ikut menghiasi khususnya daerah kepala. Selain itu, rambut juga yang menjadi pusat perhatian orang saat mereka menilai penampilan Anda.

Namun, beberapa orang bahkan kebanyakan orang pasti memiliki masalah dengan rambut. Mungkin saja masalah tersebut muncul ya karena Anda salah dalam merawatnya sehingga yang terjadi rambut Anda menjadi rusak, rontok, atau berketombe.

Terkadang sebagian orang kurang menyadari pentingnya menjaga rambut. Seringkali mereka menyalahgunakannya sesuka hati. Mengikuti tren gaya rambut yang tidak ada habisnya, membuat Anda sering mengubah juga gaya penampilan rambut Anda.

Atau seringnya mengubah produk sampo yang akan membuat rambut Anda menjadi rusak karena tidak cocok. Selain itu, stres juga jadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerontokan rambut Anda.

Agar tidak terjadi kerontokan atau kerusakan rambut, Anda tentu perlu merawatnya. Dengan merawatnya berarti Anda juga perlu menghindari hal-hal yang dapat membuat rusak atau rontok pada rambut Anda.

Mengutip lama magforwoman, Jumat (8/1/2021), ada 5 kesalahan yang sering dilakukan banyak orang sehingga membuat rambutnya menjadi rusak dan rontok.

1. Mencatok rambut setiap hari

Sangat disarankan untuk tidak mencatok rambut setiap hari. Dengan mencatok rambut setiap hari bersamaan dengan suhu yang tinggi justru akan membuat kekuatan rambut melemah dan rapuh.

Selain itu, juga dapat membuat rambut Anda kering karena menyedot kelembapannya. Rambut kering merupakan rambut yang rapuh. Kerapuhan tersebut akan membuat rambut rontok dengan mudah.

Oleh karena itu, janganlah mencatok rambut Anda setiap hari apalagi dengan suhu yang tinggi. Karena hal itu, akan menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

2. Menggunakan sampo sesuai kebutuhan rambut

Mungkin banyak orang berpikir saat melakukan perawatan rambut Anda harus menggunakan sampo yang sama untuk waktu yang lama, tetapi pemikiran itu salah.

Anda perlu mengganti sampo tergantung pada bagaimana kondisi rambut Anda. Saat kulit rambut Anda berketombe dan Anda memakai sampo untuk ketombe, jika sudah tidak berketombe maka beralihlah sampo.

Jika dirasa sudah tidak lagi mendapat masalah, beralihlah ke masalah lain. Gunakan produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan olehrambut Anda tersebut.

 

=

2 dari 2 halaman

3. Menggunakan terlalu banyak produk di saat bersamaan

Dalam merawat rambut, seringkali kebanyakan orang memakai produk secara bersamaan, seperti memakai sampo, kondisioner, zat besi, dan serum.

Perlu diketahui, ternyata menggunakan terlalu banyak produk pada rambut Anda dan merawatnya dengan berbagai bahan kimia yang berbeda pasti akan merusak rambut Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari hal ini demi menjaga rambut Anda yang sehat dan terawat. Selain itu, jangan juga menggunakan hair dryer terlalu lama. Usahakanlah mengeringkan rambut menggunakan handuk.

4. Mengikat rambut terlalu kencang

Tanpa sadar sesorang yang mengikat rambutnya terlalu kencang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Saat pengikatnya terlalu kencang, akan membuat rambut Anda berada di bawah tekanan. Selain itu, dengan mengikat rambut terlalu kencang juga akan menyebabkan kepala Anda menjadi sakit. Oleh karena itu, longgarkanlah ikatan rambut Anda. Gunakan karet ikat rambut yang tidak terlalu kencang.

5. Terlalu sering mewarnai rambut

Seseorang yang mengikuti tren model rambut seringkali ikut mengubah warna rambutnya. Padahal sebetulnya hal itu perlu dihindari.

Bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut tidak hanya akan mempengaruhi rambut Anda, tetapi juga kulit Anda. Jika Anda ingin mewarnai rambut, lakukanlah sesekali saja. Jangan terlalu sering mewarnai rambut jika Anda menginginkan rambut yang sehat.

Rambut memang berperan penting dalam tampilan gaya Anda. Untuk itu, rawatlah dan hindari kesalahan-kesalahan merawat rambut yang dapat merusak rambut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati