Sukses

Gerakan SunyiBersuara, Inisiatif Sosial Burger King Indonesia

Tool-kit #SunyiBersuara memberikan sebuah panduan yang jelas tentang mempekerjakan orang dengan disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Restoran cepat saji Burger King® Indonesia menggelar gerakan untuk inklusivitas dan kesempatan yang setara di dunia kerja, khususnya bagi komunitas tuli. Melalui gerakan #SunyiBersuara “Voice of The Silent.”

Saat ini, Burger King® Indonesia telah mempekerjakan sekitar 100 kru tuli di seluruh toko di Bali, Makassar, dan Jakarta.

Head of HR&CSR di Burger King® Indonesia, Frida Marpaung, dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020) mengatakan jika pihaknya memulai proses perekrutan menjelang akhir 2018.

"Yang menuntut kami untuk membangun prosedur ketenagakerjaan dan pelatihan dari awal, serta kami telah belajar banyak selama proses tersebut. Kami memahami bahwa bisnis mungkin memiliki beberapa pertimbangan sebelummelakukan perjalanan ini, seperti yang terjadi pada kami di awal,” tutur dia

Vaibhav Punj CEO BurgerKing® Indonesia, menjelaskan jika dengan mempekerjakan lebih banyak anggota kru tuli di restoran, pihaknya menyadari jika selama ini kehilangan bakat luar biasa tersebut.

Dia menuturkan jika dalam survei kepuasan tamu, menemukan bahwa toko khusus Burger King bekerja lebih baik secara signifikan.

"Tujuan kami menjangkau perusahaan dengan Surat Terbuka dan menerbitkantool-kit adalah untuk membantu mereka memulai perjalanan khusus mereka,” jelas dia.

Tool-kit #SunyiBersuara memberikan sebuah panduan yang jelas tentang mempekerjakan orang dengan disabilitas, yang berfokus pada empat langkah utama - pendidikan tentang berbagai jenis disabilitas.

Kemudian memahami kebutuhan organisasi Anda, menjangkau pihak-pihak terpilih yang dapat membantu dalamperekrutan hingga pelatihan, serta kontak untuk LSM dan pemangku kepentingan yang mendukung orang-orang dengan disabilitas.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tool-kit

Dikatakan Tool-kit juga telah tersedia di website SunyiBersuara.id. Agar lebih mendorong perusahaan, Burger King® telah mempublikasikan video yang memperlihatkan bagaimana hari kruspesial mereka tidak berbeda dari orang lain!

Inisiatif bagi perusahaan dan individu untuk menyuarakan suara bisu (#SunyiBersuara) juga secara strategis diluncurkan bersamaan dengan Hari Penyandang Disabilitas Internasional ILO pada 3 Desember 2020. Itu karena Burger King® adalah anggota kunci dari Jaringan Disabilitas Bisnis Internasional(IBDN) ILO.

“Membangun masa depan yang lebih baik dan masyarakat inklusif, bergantung pada tindakan kita hariini. Jaringan kerja bisnis dan disabilitas di Indonesia adalah sekelompok perusahaan yang memiliki kesamaan pikiran guna mempromosikan ketenagakerjaan penyandang disabilitas.” tutur KazutoshiChatani Employment specialist di ILO, Jakarta.

Sebagai tanggapan untuk mendukung gerakan ini, perusahaan juga telah mulai mengubah logo mereka dalam bahasa isyarat di seluruh aset merek mereka!

“Saat kami bertransisi ke kondisi normal baru, kamiingin menjadikan perekrutan tenaga kerja dengan disabilitas di tempat kerja secara setara danmenjadikannya kebiasaan serta kami mencari dukungan dari mitra makanan dan minuman kami diseluruh Indonesia, agar secara bersama – sama dapat menciptakan sebuah dampak besar, ” tutup Vaibhav Punj.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.