Sukses

Tips 30 Menit Sehari untuk Beri Waktu Berkualitas Bagi Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Kesibukan sehari-hari mungkin hampir membuat Anda kehilangan kesempatan beraktivitas bersama keluarga. Fakta penting yang perlu Anda catat bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dapat membantu melepas lelah dan rileks dari semua stres yang mengaburkan pikiran Anda.

Sejak sebelum COVID-19 semua orang sibuk sudah sibuk dengan kegiatan masing-masing sehingga tidak ada waktu khusus rileks bersama keluarag. Kini dengan pandemi COVID-19, semua orang, baik itu anak-anak maupun orang tua, sibuk dengan meeting/kelas online.

Sangatlah penting untuk menyisihkan waktu dari jadwal sibuk Anda. Jika Anda adalah seseorang yang selalu sibuk sepanjang hari, berikut adalah beberapa tips untuk meluangkan waktu 30 menit secara efisien bersama anak Anda, dilansir dari TimesofIndia.

1. Buat Jadwal

Untuk menyisihkan waktu, Anda perlu mengatur tabel waktu. Buat sketsa jadwal dan bagi secara kasar aktivitas harian Anda. Ini akan membantu Anda mencatat berbagai hal. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi waktu luang yang Anda miliki dan mendedikasikannya untuk keluarga Anda.

2. Berpacu pada waktu

Setelah membuat tabel waktu, Anda harus memastikan bahwa Anda mematuhinya. Anda juga dapat membuat aturan keluarga.

Misalnya setiap anggota keluarga fokus kerja/belajar di waktu kerja/belajar, makan bersama di waktu makan, dan sebagainya. Anda bisa menjadwalkan sore atau malam untuk waktu bersama keluarga atau waktu yang dapat disesuaikan.

2 dari 3 halaman

3. Manjakan diri dalam aktivitas yang tak terlupakan

Anda telah menyimpan waktu yang berharga ini, jadi pastikan selama itu Anda menjalaninya secara produktif. Manjakan diri Anda dengan sesuatu yang tidak hanya berkesan tetapi juga menyenangkan bagi orang tua dan anak-anak. Anda dapat menonton film favorit Anda, bermain game, melakukan sesi karaoke, atau mengenang foto album lama bersama.

4. Singkirkan gadget

Singkirkan ponsel dan laptop Anda di waktu ini. Biarkan saat ini menjadi detoksifikasi yang sangat dibutuhkan yang akan merilekskan mata Anda yang mungkin menegang akibat menatap layar sepanjang hari. Lakukanlah aktivitas yang tidak melibatkan perangkat elektronik. Anda dapat menonton film atau serial, tetapi pastikan itu tidak dilakukan setiap hari.

Hindari fokus pada pekerjaan rumah tangga lainnya selama waktu ini. Karena minimal 30 menit beraktivitas bersama keluarga akan menyegarkan Anda dengan menghilangkan rasa lelah sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: