Sukses

Tips Tetap Stylist Saat Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tidak bisa pergi ke salon karena alasan apa pun, dan sedang mempertimbangkan untuk potong rambut Anda sendiri di rumah, inilah yang perlu Anda ketahui dari penata rambut (stylist) sebelum menggunting rambut Anda.

Rambut Anda mungkin sudah terlalu panjang bagi Anda atau ingin mencoba punya poni, namun lagi-lagi janji dengan penata rambut Anda gagal. Sehingga Anda memutuskan ingin memotong rambut sendiri.

Para penata rambut tidak menyarankan untuk memotong rambut Anda sendiri, namun beberapa keadaan mendesak mau-tidak mau membuat Anda mengambil langkah ekstrem.

Tetap saja, meskipun Anda seorang penata rambut itu sendiri, untuk urusan rambut sendiri sebaiknya meminta bantuan profesional, saran Jerome, stylist di Pierre Michel Salon di New York City.

"Tips terbesar saya adalah tidak memotong terlalu banyak. Anda selalu bisa melakukannya untuk kedua kalinya jika Anda ingin menghilangkan lebih banyak rambut," kata Jerome kepada Health. "Jangan mencoba sesuatu yang baru atau berbeda, tunggu penata gaya Anda dan bersabarlah."

Sementara Anda menunggu sampai bisa pergi ke salon lagi, berikut ini beberapa tips dari penata rambut tentang cara memotong rambut Anda sendiri di rumah:

1. Dapatkan peralatan yang tepat

"Saya tidak akan merekomendasikan menggunakan gunting rumah biasa, karena gunting tidak akan cukup tajam, bilahnya terlalu tebal, maka dari itu, Anda akan mendapatkan garis yang sangat bergelombang dan berombak," jelas Carrie Butterworth, penata rambut selebriti di The Salon Project oleh Joel Warren di New York City.

Jika Anda menginginkan potongan yang sehat dan bersih, Anda perlu membeli gunting rambut. "Jenis gunting terbaik untuk digunakan adalah jenis gunting potong rambut yang lebih murah yang bisa Anda dapatkan di apotek," kata Butterworth. Jika Anda tidak dapat pergi ke toko obat, Anda dapat membeli gunting rambut secara online.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan jepit rambut, yang dapat membantu mempermudah segalanya.

Membagi rambut Anda dengan jepit memungkinkan Anda untuk melihat lebih baik dan akan membantu Anda menghindari tampilan kasar dan berombak yang akan Anda dapatkan jika Anda mencoba memotong lurus, catat Butterworth.

2. Lembabkan rambut

Sebelum meraih gunting rambut, pastikan rambut Anda dilindungi oleh pelembab, kata Dora, penata gaya di Pierre Michel Salon di New York City. Memotong rambut yang lembab adalah salah satu poin penting untuk mendapatkan potongan yang rapi.

3. Pastkan panjangnya rata

Saat Anda siap untuk mulai memotong, mulailah dengan membelah rambut di bagian tengah, di mana pun Anda biasanya membelahnya.

Kemudian, pertahankan dagu Anda ke dada Anda, belah rambut Anda menjadi satu inci bagian dan potong masing-masing satu per satu, kata Butterworth.

Dengan mengambil setiap bagian menjadi bagian-bagian kecil, Anda dapat menghindari kecelakaan besar yang akan membuat rambut Anda terlihat tidak rata.

"Setelah Anda memutuskan di awal ingin memotong sependek apa, pastikan untuk mencocokkan bagian berikutnya dengan yang sebelumnya, pegang rambut dengan erat di antara jari-jari Anda," katanya. Sesekali, lihatlah apakah potongannya sudah rapi. Setelahnya Anda dapat menyesuaikan, tambah Butterworth.

 

2 dari 4 halaman

4. Jangan geometris

Meskipun Anda ingin mencoba perubahan gaya yang dramatis, Dora menyarankan agar tetap sederhana sampai Anda dapat menemui penata gaya profesional lagi.

"Saya sarankan untuk tidak memotong untuk mengubah perimeter atau geometris apapun pada potongan rambut Anda. Serta apapun yang Anda lakukan, jangan pernah memotong lurus. Mulailah dengan mengambil sebagian kecil rambut, puntir rambut dan potong ujungnya," kata Dora.

Jika Anda tidak terbiasa, pemotongan titik adalah teknik yang digunakan penata rambut untuk melembutkan dan memberi tekstur pada ujung rambut Anda, bukan untuk menghilangkan panjangnya.

5. potong tipis untuk poni

Jika Anda ingin merapikan poni Anda atau ingin mencoba punya poni untuk pertama kalinya, mulailah dengan perlahan dan sesuaikan dengan panjang yang Anda inginkan.

"Poni ada di wajah kita, jadi harap diingat bahwa Anda selalu bisa memendekkannya jika dirasa sudah memanjang," kata Dora.

Untuk memotong poni, pertama-tama turunkan sebagian kecil rambut di antara mata Anda dan tempelkan pada wajah Anda, jelas Butterworth.

"Setelah Anda berhasil memotong bagian awal, tarik bagian kecil lainnya ke tengah dan ulangi. Cara ini akan memberikan efek melengkung lembut, berbeda dengan poni boneka," tambahnya.

Ingat, sebaiknya Anda tidak menarik poni terlalu kencang saat Anda memotong, karena hal tersebut isa menyebabkan hasil potongan lebih pendek dari yang diinginkan, kata Butterworth.

6. Minta bantuan teman, jika bisa

Jika memungkinkan, mintalah orang lain memotong rambut Anda untuk Anda, saran Butterworth. "Tip utama saya untuk memotong rambut Anda di rumah adalah jika ada seseorang di rumah Anda yang memotong rambut Anda untuk Anda, paling tidak, Anda akan memiliki potongan yang lurus di belakang," katanya.

Meskipun Anda mungkin tidak ingin memercayai orang lain dengan rambut Anda, ini jauh lebih mudah daripada mencoba mendapatkan potongan lurus sempurna 180 derajat sendiri.

3 dari 4 halaman

Infografis Gebrakan Denda Tidak Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: