Sukses

26 Siswa dan Guru Dapat Dana Pendidikan dari Produsen Alat Tulis

Liputan6.com, Jakarta Produsen alat tulis Faber-Castell menghadiahkan dana pendidikan kepada 26 siswa dan guru terpilih. Hadiah yang diberikan senilai jutaan rupiah kepada masing-masing pemenang.

"Hadiah diberikan kepada mereka yang merupakan pemenang 3 kegiatan kami periode 2019/2020 sebelumnya, yang berasal dari Family Art Competitions (FACT), Family Colouring Competitions (FCC) dan Teacher Competitions (TC)," ujar Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen dalam keterangannya, Senin (7/9/2020).

Dana pendidikan ini merupakan kompensasi dari hadiah semula yang seharusnya berupa tiket dan akomodasi bagi para pemenang nasional ke sejumlah objek wisata, hal ini diambil dengan mempertimbangkan bahwa kondisi saat ini.

Richard juga menjelaskan bahwa sejumlah kegiatan Faber-Castell di periode 2019/2020 harus dihentikan lebih cepat. Hal ini sebagai langkah pencegahan dari penyebaran Covid-19.

Di mana Faber-Castell berkomitmen untuk mendepankan aspek keselamatan dan keamanan peserta kegiatan, yang di dominasi anak dan keluarga. Hal ini mengakibatkan sejumlah kegiatan nasional dihentikan sebelum jadwal seharusnya.

Sebagai contoh kegiatan Family Coloring Competition (FCC), kegiatan mewanai untuk siswa PAUD/TK tersebut, akhirnya hanya bisa dilaksanakan di 67 kota, dari target awal 89 kota.

Sementara Family Art Competition (FACT) terlaksana pada 22 kota dari 37 kota yang direncanakan, sementara kegiatan kreasi yang ditujukan para guru, Teacher Competitions (TC) baru berjalan di 37 kota.

Namun sebagai bentuk komitmen, Faber-Castell tetap memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang kegiatan, bentuk hadiah utama yang awalnya berupa wisata bagi para pemenang nasional, dikonversi dalam bentuk dana pendidikan.

Pemenang nasional Family Art Competitions (FACT) sedianya akan memperoleh hadiah berwisata ke Disneyland Hongkong.

Sementara Family Colouring Competitions (FCC) dan Teacher Competitions (TC) memperoleh hadiah wisata domestik ke Pulau Dewata Bali maupun Danau Toba.

 

2 dari 2 halaman

Hadiah

Adapun terkait jumlah yang diperoleh oleh pemenang, Richard menjelaskan dana pendidikan yang akan peroleh pemenang yakni Rp 20 juta untuk pemenang lomba Family Art Competitions (FACT) dipotong pajak, yang diberikan kepada 5 pemenang.

Sementara pemenang nasional Family Colouring Competitions (FCC) mendapatkan Rp 10 juta, dipotong pajak yang diberikan kepada 12 pemenang.

Dan pemenang Teacher Competitions (TC) memperoleh Rp 5 juta, di potong pajak yang diberikan kepada 9 pemenang.

Adapun proses penjurian telah dilakukan di kantor Faber-Castell Surabaya, pada 4 Agustus 2020 silam dimana penjurian dilakukan secara terbuka dengan melibatkan juri profesional.

Salah satunya merupakan perwakilan Institut Teknik Surabaya (ITS) dan disaksikan oleh notaris untuk memastikan bahwa sesuai dengan prosedur dan telah memiliki dasar hukum yang kuat.

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud RI, Dr. Muhammad Hasbi mengungkapkan bahwa anak adalah aset bangsa yang paling berharga.

"Melalui pendidikan anak usia dini, kita ditantang untuk menyiapkan anak-anak yang bisa memiliki kemampuan memecahkan masalah, kritis, analitis, berinovasi dan dapat beradaptasi untuk hal-hal baru yang tidak terduga," jelas dia.

Memberikan anak kesempatan untuk bebas berkarya adalah kunci utamanya, misalnya bebas menggambar sesuai imajinasinya, izinkan anak menikmati proses saat ia mencorat coret gambar dan memberikan warnanya. Berikan kepercayaan padanya bahwa ia dapat melakukannya sendiri.