Sukses

Cek 6 Bahan Makanan yang Bikin Rambut dan Kuku Kuat

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan peningkatan risiko terinfeksi virus, perubahan musim juga dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan dan masalah kuku, seperti mudah retak. Ditambah saat pandemi membatasi kita untuk pergi ke salon dan merawat diri.

Namun untuk memperkuat rambut dan kuku rupanya bisa didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi. Berikut ini 7 makanan yang memperkuat rambut dan kuku tanpa bahan kimia, dilansir dari TimesofIndia.

1. Telur

Sebutir telur utuh adalah sumber yang kaya akan biotin dan protein, dua nutrisi yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Dengan demikian, diet yang kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok.

Biotin penting untuk produksi protein rambut (keratin). Tidak hanya itu, telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi lainnya untuk rambut sehat, menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang optimal.

2. Kacang-Kacangan

Setiap orang dianjurkan memasukkan minimal segenggam kacang ke dalam menu setiap hari, kata para ahli. Kacang-kacangan seperti diantaranya yaitu kacang mete, almond, kenari, dan kacang tanah, semuanya kaya akan asam lemak omega, vitamin, antioksidan dan mineral. Ketika dikonsumsi secara teratur, ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku.

3. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik dan mengandung semua karotenoid penting termasuk likopen, beta karoten, dan lutein. Semua ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tomat juga memperkuat folikel rambut dan mencegah kerusakan rambut.

 

2 dari 3 halaman

4. Oatmeal

Semangkuk oatmeal menjadi sarapan yang sempurna. Tidak hanya membuat Anda kenyang, tetapi juga memberi Anda energi untuk beraktivitas hari itu. Semangkuk oatmeal kaya akan tembaga, seng dan vitamin B. Semua nutrisi ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut dan kuku Anda. Seng juga membantu melawan jerawat dan karenanya mendukung kesehatan kulit.

5. Kacang polong

Mereka kaya akan protein, seng dan biotin. Semua nutrisi ini membantu membuat rambut dan kuku Anda lebih tebal sehingga tidak mudah patah. Ada beberapa jenis kacang ini, dan semuanya kaya serat, seng, antioksidan dan protein, yang juga meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit Anda bersinar sehat.

6. Bayam

Beberapa mungkin ingat kartun popeye si pelaut yang setiap makan bayam, otot-ototnya akan bermunculan. Itu karena bayam memiliki banyak manfaat. Bayam kaya akan vitamin A dan C, keduanya meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan membantu kelenjar kulit memproduksi sebum. Bayam juga kaya akan zat besi yang juga penting bagi pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda, membantu metabolisme dan mendukung pertumbuhan dan perbaikan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: