Sukses

Tips Memastikan Kondisi Telur Sebelum Dimasak

Berikut tips untuk memeriksa apakah telur masih layak atau tidak untuk dimakan.

Liputan6.com, Jakarta Telur adalah salah satu bahan makanan yang harus selalu ada di kulkas sebagai persediaan. Apalagi tidak memiliki waktu yang banyak untuk memasak, telur bisa dijadikan solusi bahan panganan.

Tetapi, dengan membeli banyak dan menyimpannya kita harus tetap memperhatikan kualitas telur yang dibeli. Berikut cara memerikasa telur Anda apakah masih bagus atau sudah busuk, melansir laman lifehacker, Senin  (4/5/2020).

1. Periksa tanggal kadaluwarsa

Jika Anda membeli telur di supermarket yang dikemas dengan karton, maka perlu melihat tanggal kadaluwarsa atau kapan telur dikemas sebagai gambaran sampai kapan telur akan bertahan.

Jika Anda berbelanja di pasar atau toko khusus, jangan lupa tanyakan kepada penjual apakah telur baru atau sudah lama.

Telur dinilai baik selama empat hingga lima minggu setelah tanggal pengiriman. Dan tidak, tanggal paket tidak sama dengan tanggal kedaluwarsa, yang biasanya mengatakan sesuatu seperti "jual oleh" atau "terbaik oleh."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Memeriksa memakain air

Cara lain mengetahui kondisi telur dengan memakai air. Isi mangkuk dengan air dingin dan tempatkan telur di dalamnya

Jika tenggelam ke bawah, itu bagus.

Jika tenggelam tetapi berdiri pada titiknya, itu bagus, tetapi tidak akan baik untuk waktu yang lama dan harus segera digunakan.

Jika mengapung, buang telur karena telur lama akan kehilangan banyak cairan di bagian dalam, menguap melalui cangkang keroposnya dan menyebabkan telur terapung bukannya tenggelam.

Yang terbaik dari semuanya, Anda tidak perlu memecahkan kerang untuk mengetahui apakah telur Anda masih aman untuk dimakan, dan metode ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit.

Reporter: Tiara Sekarini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini