Sukses

Catat, Makanan yang Membuat Kulit Cerah

Liputan6.com, Jakarta Kulit yang sehat dan bercahaya bukan saja bisa didapat dari rangkaian perawatan kulit sehari-hari dengan produk kecantikan, tetapi menjaga makanan juga penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Makanan yang dimakan memiliki dampak langsung terhadap kulit dan dengan tetap menjaga pola makan agar tetap seimbang akan vitamin, mineral, dan lemak alami dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan cerah.

Berikut makanan yang bisa membuat kulit sehat dan cerah, melansir laman moneymorningpaper.com:

Cokelat Hitam

Cokelat bukan hanya sebagai peningkat mood, tetapi juga membuat kulit sehat. Dark cokelat dengan kandungan minimal 70 persen kakao dapat melindungi dari sinar matahari karena mengandung favanoids. Flavonoids adalah tanaman yang mengandung antioksidan.

Fakta bahwa cokelat bagus untuk kesehatan kulit bukan berarti ditaruh di seluruh wajah, tetapi dengan cara memakan satu atau dua potong setiap hari. Terlepas dari fitur pelindung matahari cokelat, jangan pernah lupa menggunakan tabir surya.

Selain bertindak sebagai pelindung matahari, cokelat juga bisa meremajakan dan mencegah penuaan kulit karena flavonoid yang membantu sel-sel tua pulih dan membelah dan membuat kromosom lebih lama. Ini adalah hal yang baik, karena saat menua, kromosom secara alami menjadi lebih pendek yang menyebabkan keriput.

Teh hijau

Kebanyakan teh hijau mengandung ECGC. Zat utama yang  bertanggung jawab atas dampak positif pada kulit, ECGC memiliki dua karakteristik penting. Pertama,bekerja anti-inflamasi dan kedua, mencegah kerusakan kulit setelah paparan sinar matahari.

Ekstrak teh hijau 2-3 persen memiliki efek pencegahan terhadap munculnya keriput. Hal ini sebagian besar berkat efek fotoprotektif yang dimiliki teh hijau. Namun, ada tangkapan kecil.

Ketika daftar bahan mengacu pada ekstrak teh hijau, bahan aktif dalam ekstrak ini dapat bervariasi dari 0 hingga sekitar 98 persen.

Itulah mengapa kita tidak tahu apakah memiiki kandungan air, menjadi 0 persen, atau apakahmasih memiliki komponen aktif dalam produk Anda. Karena persentasenya biasanya tidak dinyatakan, yang terbaik adalah melihat harga. Ekstrak dengan konsentrasi ECGC tinggi biasanya lebih mahal daripada ekstrak serupa dengan konsentrasi ECGC rendah.

Makanan Indeks Glikemik Rendah

Roti putih, manisan, bagel, dan kentang goreng sangat lezat tetapi bisa menjadi bencana bagi kulit karena merupakan contoh makanan dengan indeks glikemik tinggi. Jenis makanan ini sangat mungkin menyebabkan jerawat dan peradangan.

Cobalah untuk tetap pada makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti kacang-kacangan, biji-bijian,buah-buahan,dan sayuran yang berbeda. Makanan-makanan ini akan menjaga kadar gula darah seimbang yang memungkinkan hati  menyerap gula dengan baik. Perkembangan jerawat dan peradangan akan dicegah, karena gula tidak mendapat kesempatan untuk masuk ke kolagen. 

Susu Kedelai 

Susu telah terbukti merangsang produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Meskipun sebum diperlukan untuk kulit yang sehat, sebum yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan masalah kulit. Susu memainkan peran penting di sini.

Susu dan produk susu lainnya dapat meningkatkan kadar insulin.  Tingkat insulin yang terlalu tinggi akan menghasilkan peningkatan produksi hormon di hati. Hormon-hormon ini pada gilirannya akan merangsang produksi sebum yang menyebabkan pori-pori tersumbat lebih cepat.

Susu sapi yang kita minum mengandung banyak hormon pertumbuhan, karena itu dimaksudkan untuk membesarkan anak sapi muda. Susu ini sempurna untuk anak sapi, tetapi bisa sangat berbahaya bagi orang-orang dengan kulit berjerawat. Karena itu, mengganti susu dengan alternatif, seperti susu kedelai mungkin akan cocok. 

Ikan Berlemak

Ikan memiliki banyak manfaat kesehatan, baik untuk jantung dan pembuluh darah serta mengandung banyak vitamin. Namun selain itu, juga terbukti baik untuk kulit.

Sebagian besar ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan herring dapat membantu untuk menjaga kulit karena  mengandung banyak asam lemak omega-3yang dapat memastikan kulit  tetap terhidrasi, kenyal, dan kental.

Itulah sebabnya defisiensi minyak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering. Minyak omega-3 tidak hanya dalam ikan melembabkan kulit, tetapi juga mengurangi peradangan, yang menyebabkan kemerahan dan jerawat.

 

2 dari 2 halaman

Bahan Lain

Alpukat

Alpukat tidak hanya untuk roti bakar. Selain enak, mereka memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh karena mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan kondisi kulit.

Sangat penting untuk mendapatkan cukup lemak untuk kulit yang lebih halus dan lebih terhidrasi. Ada juga indikasi bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang disebabkan oleh radiasi UV, yang dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Alpukat mengandung banyak vitamin E dan C. Vitamin E adalah antioksidan penting yang berkontribusi melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas di tubuh. Vitamin E bekerja lebih baik dalam kombinasi dengan vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen, protein struktural paling penting yang memastikan kulit sehat, elastis dan kuat.

Kenari

Kenari bukan hanya camilan lezat dan sehat,tapi  juga bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit . Kacang kenari adalah sumber asam lemak esensial, yang merupakan asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Contoh dari asam tersebut adalah asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6.

Berhati-hatilah bahwa omega-6 dapat bekerja meradang, mungkin memperburuk kondisi kulit lainnya seperti psoriasis. Omega-3, di sisi lain, mengurangi peradangan di tubuh.

Untungnya, kenari mengandung kedua asam dalam rasio yang baik. Ini membantu melawan respons peradangan yang potensial terhadap banyak omega-6 di tubuh . Kacang kenari juga mengandung mineral seng. Sama seperti asam lemak omega-3, seng bertindak anti-inflamasi.

Ubi Jalar

Buah jeruk dan sayuran mengandung banyak vitamin A. Dalam kasus ubi jalar, vitamin A ini berasal dari beta-karoten, nutrisi yang ditemukan dalam tanaman. Ini adalah antioksidan yang mengubah vitamin A dalam tubuh manusia dan juga menyebabkan buah dan sayuran berwarna oranye, kuning atau merah.

Salah satu manfaat kulit dari beta-karoten adalah sebagai tabir surya alami yang berarti dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari dan kulit kusut. Sekali lagi, perlu diingat bahwa  bukan pengganti tabir surya.

Berry

Buah beri terkenal karena kekuatan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh  dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa untuk kesehatan kulit.

Contoh buah beri yang baik dengan sumber antioksidan yang kuat adalah goji berry dan acai berry. Ini tidak mengesampingkan cranberry yang lebih terkenal, raspberry, strawberry dll. Ada banyak pilihan.

Sayuran Hijau 

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam tidak hanya wajib dimiliki untuk jus pagi. Kale, misalnya, kaya akan fitonutrien yang bekerja baik sebagai antioksidan dan anti inflamasi.

Bayam bertindak sempurna sebagai penenang kulit ringan yang memiliki sifat hidrasi dan pendinginan. Bayam dan kangkung juga menyediakan tubuh dengan beberapa vitamin, yaitu vitamin A untuk melawan kulit kering, Vitamin C untuk melawan kerusakan akibat sinar matahari, dan vitamin E untuk membantu melawan peradangan.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Respons Situasi Covid-19, Ruangguru Buka Sekolah Online Gratis
Artikel Selanjutnya
Langkah Siloam Hospitals Cegah Penyebaran COVID-19