Sukses

Buat yang Kerap Bepergian Jauh, Ini Tips Menghindari Jet Lag

Liputan6.com, Jakarta Jet lag hanyalah gangguan biorhythmic dari jam tubuhmu. Tubuh kita terbiasa dengan rutinitas tertentu berkaitan dengan makan dan tidur, dan gangguan dalam rutinitas tersebut yang menyebabkan jet lag.

Ketika melakukan perjalanan dari satu zona waktu ke zona waktu lainnya, rutinitas ini terganggu. Alhasil, tubuh merasa lelah dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal baru yang diinginkan pikiran.

Ketika melakukan perjalanan dari satu negara ke negara lain dengan perbedaan waktu yang sangat lama, jam fisik kita mengganggu jam mental.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari jet lag, melansir laman mag for woman, Minggu (31/5/2020).

1. Buatlah rencana dan istirahatlah sebelum bepergian

Rencanakan terlebih dahulu dan pastikan telah mengepak tas jauh-jauh hari tanpa ada yang perlu dikhawatirkan dalam dua hari terakhir.

Pastikan memiliki surat-surat dan mata uang terkait setidaknya tiga hari sebelum bepergian. Beristirahat yang cukup dalam dua hari terakhir, terutama jika harus bepergian berjam-jam.

Ini akan membuat Anda merasa tidak terlalu lelah setelah tiba di tujuan. Tidak hanya itu, itu akan memungkinkan tubuh mendapatkan stamina menghadapi perjalanan panjang.

2. Minum banyak air sebelum dan sesudah bepergian

Ketika tubuh terhidrasi, itu akan mengurangi stres dan tubuh tidak akan kelelahan. Tidak hanya itu, tubuh akan dapat menyesuaikan dengan mudah ke zona waktu baru jika kita minum cukup air.

Bahkan selama penerbangan, ambil banyak cairan. Bahkan jika kamu tidak dapat memiliki banyak air, maka setidaknya bawalah lotion atau lip balm yang menjaga kulitmu tetap terhidrasi.

3.  Makan dengan benar

Jangan makan makanan berat selama perjalanan. Pilihlah buah-buahan segar jika kamu bisa. Pastikan kamu tidak meminum banyak kopi karena dapat mengganggu pola tidur.

Hindari makanan pedas sehingga kamu tidak menderita keasaman atau masalah perut lainnya. Coba makan di zona waktu baru. Ini akan membantumu menyesuaikan diri dengan waktu baru dengan mudah.

 

2 dari 2 halaman

4. Usahakan tetap di bawah sinar matahari

Setelah sampai tujuan, kecuali malam hari atau cuacanya tidak begitu baik, cobalah tetap berada di bawah sinar matahari.

Jika telah sampai hotel, buka tirai jendela dan biarkan sinar matahari masuk ke kamar. Cahaya matahari bekerja sangat baik pada jam tubuh.

Anda akan dapat segera menyesuaikan ke zona waktu baru. Bahkan ketika kamu berolahraga, lakukanlah di bawah sinar matahari.

5. Hindari tidur begitu sampai tempat tujuan

Kecuali saat malam hari, hindari tidur jika sampai pagi atau sore hari. Cobalah untuk tetap terjaga dengan berbicara, mandi, atau hanya duduk dan menyesuaikan diri dengan kamar baru.

Hindari tidur awal, maka akan membuat kamu keluar dari jet lag lebih cepat.

6. Memilih penerbangan malam untuk perjalanan panjang

Misalkan Anda tidak harus pergi ke satu tempat saja, dan perlu mencakup dua atau tiga tempat berbeda dalam waktu sekitar satu bulan. Jangan stres sendiri.

Ikuti perjalanan semalam sehingga Anda bisa tidur nyenyak dan merasa segar begitu sampai. Ini akan membantu untuk tidak terlalu lelah jika pada tujuan kedua juga memiliki zona waktu yang berbeda.

 

Reporter : Helena Yupita