Sukses

Hari Ini L.B. Moerdani Dimakamkan

Liputan6.com, Jakarta: Jenazah Jenderal Purnawirawan Leonardus Benjamin Moerdani atau Benny Moerdani dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Ahad (29/8) pukul 13.00 WIB. Bertindak sebagai inspektur upacara Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto. Dalam pidato singkatnya, Endriartono mengatakan, bangsa Indonesia kehilangan satu putra bangsa dengan sosok prajurit TNI yang tangguh dan berjasa, sekalipun tidak luput dari kesalahan.

Tampak hadir petinggi TNI seperti Kepala Staf Angkatan Laut Laksmana Bernard Kent Sondakh, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Chappy Hakim, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Ryamizard Ryacudu. Hadir pula mantan Wakil Presiden Try Soetrisno, bekas KSAD Soebagyo H.S., dan mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Edi Soedrajat. Selain itu, tampak juga mantan Kepala Staf Teritorial TNI Letnan Jenderal Purnawirawan Agus Widjojo dan mantan Komandan Jenderal Korps Komando Pasukan Khusus Letjen Purn. Prabowo Subianto.

Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di Ruangan Sudirman, Markas Besar TNI AD. Sejumlah tokoh dan petinggi TNI, termasuk Presiden Megawati Sukarnoputri ikut mengikuti upacara pelepasan jenazah pada pukul 12.30 WIB. Upacara pelepasan ini dipimpin Kepala Staf TNI AD Jenderal Ryamizard Ryacudu.

Jasad Benny Moerdani tiba di Mabes TNI AD sekitar pukul 10.30 WIB. Peti jenazah mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima ABRI itu diusung sejumlah anggota Korps Komando Pasukan Khusus ke Ruangan Sudirman. Sementara untuk menghormati jasa-jasa mendiang, Panglima TNI memerintahkan seluruh markas TNI menaikkan bendera setengah tiang selama satu pekan.

Untuk informasi, Benny Moerdani tutup usia di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, tadi malam sekitar pukul 01.20 WIB. Benny mengembuskan napas terakhir setelah dirawat beberapa bulan di rumah sakit akibat menderita penyakit stroke dan infeksi paru-paru [baca: L.B. Moerdani Tutup Usia]. Selama disemayamkan di rumah duka di Jalan Hang Lekir IV/43, Jakarta Selatan, beberapa rekan dan kerabat serta para petinggi TNI silih berganti melayat.

Mantan Presiden Soeharto juga datang ke rumah duka, sekitar pukul 08.05 WIB. Ia didampingi putri sulungnya, Siti Hardiyanti Rukmana. Ketika melihat jenazah Benny Moerdani, mata Soeharto tampak berkaca-kaca. Mantan penguasa Orde Baru itu juga sempat terdiam di depan peti jenazah. Istri Benny, Hartini dan putri tunggalnya, Ria Moerdani terlihat mendampingi Soeharto berdoa. Selama Soeharto menjabat Presiden RI, Benny memang sering menjadi tangan kanannya. Jabatan terakhir yang diemban Benny adalah Menteri Pertahanan dan Keamanan pada 1992.

Di kalangan Mabes TNI, Benny Moerdani dikenal sebagai sosok tegas dan konsisten dalam bersikap. Karakter itulah, jenderal kelahiran Cepu, Jawa Tengah, 2 Oktober 1932, itu sering dipercaya mengemban tugas penting. Menhankam Wiranto mengatakan, Benny Moerdani adalah tokoh militer yang profesional. &quotSaya melihat di diri beliau ada suatu profesionalitas militer yang sangat kental,&quot ucap mantan Panglima ABRI ini.

Mantan Menko Polkam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai Benny Moerdani sebagai salah seorang tokoh modernisasi TNI--Ketika itu masih bernama ABRI. &quotBanyak hal yang dikembangkan termasuk sistem persenjataan dan kerja sama dengan negara lain,&quot kata SBY. Sementara buat mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Benny Moerdani adalah anak bangsa yang sangat berjasa. &quotDia itu prajuritnya prajurit. Artinya, tidak pernah berpikir selain untuk negara,&quot kata Gus Dur.

Pengusaha Sofyan Wanandi juga mengakui konsistensi Benny Moerdani dalam bertugas. Selama menduduki posisi penting baik dalam pemerintahan maupun ABRI, Benny terkenal introver atau suka memendam perasaan sendiri. &quotDia [Benny] juga sangat konsekuen,&quot kata Sofyan yang kini tercatat sebagai Ketua Komite Pemulihan Ekonomi Nasional. Menurut pengusaha kondang ini, Benny juga banyak membantu dalam pembentukan The Centre for Strategic and International Studies (CSIS). &quotMeski saat kita berseberangan dengan Cendana, Pak Benny tetap membantu. Bahkan dia ikut menjadi korban,&quot kata Sofyan. Sayang, ia enggan memaparkan pernyataan tersebut.

Sementara Des Alwi menilai Benny sebagai sosok yang disiplin. &quotUmur 16 tahun, dia [Benny] sudah menjadi tentara, lho,&quot kata Des Alwi. Benny juga sering mengeluarkan pemikiran yang dinilai sebagai pembaruan. Misalnya, keputusan seorang tentara harus pensiun umur 55 tahun agar regenerasi tercipta di tubuh ABRI. Dia juga menggagas lahirnya Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara pada 1991.

L.B. Moerdani memang meninggalkan jejak dalam sejarah Indonesia. Lelaki berparas dingin ini mulai meniti karier militer setelah bergabung dengan Tentara Pelajar di Solo, Jateng. Benny tidak menyelesaikan studi di sekolah menengah atas karena mendaftarkan diri ke Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat (P3AD) Bandung, Jawa Barat, pada akhir 1950. Benny adalah satu dari 30 lulusan P3AD yang diterima Sekolah Pelatih Infanteri (SPI). Kemudian, sederet tugas penting mulai disandangnya. Benny pernah bertugas dalam Operasi Naga di Irian Jaya (1962), Operasi Seroja (1974), dan Operasi Pembebasan Pembajakan Pesawat Woyla (1981).

Prestasi Benny pun melejit. Selama 40 tahun berkarier, sejumlah jabatan strategis pernah disandang Benny, antara lain Komandan Batalyon I Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), Komandan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), dan Panglima Komando Keamanan dan Ketertiban (1983-1988). Sedangkan penghargaan yang pernah diterima adalah Bintang Sakti dan Bintang Jasa Kehormatan Nasional.(KEN/Tim Liputan 6 SCTV)