Sukses

Zulhas Sebut PAN Jateng Bulat Minta Usung Ganjar-Erick di Pilpres 2024

Dalam sejumlah simulasi survei Pilpres 2024, duet Ganjar-Erick terus mendominasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan bahwa kader partainya di Jawa Tengah (Jateng) sudah bulat memberikan dukungan untuk duet pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Erick Thohir.

Dukungan ini tentu menjadi perhatian penting bagi DPP PAN dalam membuat keputusan siapa calon yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Jawa Tengah sudah bulat meminta kepada DPP, Pak Ganjar dan Pak Erick,” kata Zulhas seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Seperti diketahui, duet Ganjar–Erick Thohir terus mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan masyarakat agar diusung di Pilpres 2024 mendatang. Bahkan keduanya terekam memiliki elektabilitas tertinggi dalam simulasi pemilihan.

Dalam survei Algoritma, pasangan Ganjar–Erick mampu menang dalam empat simulasi pilpres. Dua kali menang dalam simulasi tiga pasangan dan dua kali menang juga dalam simulasi dua pasangan.

Dalam simulasi pertama, Ganjar-Erick unggul dari dua pasangan lainnya, yakni Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

Ganjar-Erick unggul dengan elektabilitas sebesar 33,9 persen. Sedangkan di tempat kedua ada pasangan Anies-AHY dengan elektabilitas 27,1 persen. Sementara posisi ketiga Prabowo-Cak Imin memperoleh angka 20,7 persen.

Di simulasi kedua, Ganjar-Erick kembali unggul dengan elektabilitas yang lebih tinggi yakni 34,5 persen. Simulasi ini mempertemukan pasangan Ganjar-Erick bersama Anies-Khofifah Indar Parawansa dan Prabowo-Airlangga Hartarto. Terekam Anies-Khofifah memiliki elektabilitas sebesar 25,4 persen, sedangkan Prabowo-Airlangga hanya di angka 20,3 persen.

Bergeser ke simulasi dua paslon, duet Ganjar-Erick masih tidak terkalahkan. Terdata Ganjar-Erick unggul ketika berhadapan dengan Anies-Andika Perkasa. Ganjar-Erick memperoleh elektabilitas sebesar 40,0 persen, sedangkan Anies-Andika hanya 35,7 persen.

Di simulasi kedua dua paslon, Ganjar-Erick berhadapan dengan Prabowo-Puan Maharani. Duet Prabowo-Puan kandas dengan elektabilitas sebesar 25,6 persen, sedangkan Ganjar-Erick 46,2 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar dan Erick Masih Masuk Bursa Capres-Cawapres PAN

Dengan demikian, baik Ganjar maupun Erick masih menjadi pertimbangan bagi PAN untuk diusung di Pilpres 2024 mendatang. Hingga saat ini, masih belum terdapat perubahan atas sembilan nama yang akan diusung PAN, di mana Ganjar masuk dari klaster kepala daerah dan Erick dari klaster menteri.

“Ada klaster dari pemerintah daerah, ada Pak Ganjar, ada Pak Anies, ada Pak Ridwan Kamil, tapi sekarang Pak Ridwan Kamil sudah merapat ke Golkar. Kan Golkar capresnya Pak Airlangga. Yang berikutnya Khofifah (Gubernur Jawa Timur). Ada klaster dari Kementerian. Itu ada Erick Thohir, kemudian ada juga Bu Puan. (Nama-nama calon) belum ada perubahan, masih 9 nama,” ucap Zulhas memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.