Sukses

Pelatihan Sopir Kopaja dan Metromini, Ahok: Tunggu Bus Baru

Namun Pemprov DKI belum dapat menentukan waktu pelatihan tersebut. Sebeb, hingga kini masih menunggu pembelian bus.

Pemprov DKI akan bekerja sama dengan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) untuk pelatihan para sopir Kopaja dan Metromini. Sebab, nantinya semua bus Kopaja dan Metromini yang sudah tidak layak diganti dengan bus sedang milik Transjakarta. Sehingga perlu ditingkatkan kualitas pengemudi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, terkait waktu pelatihan belum dapat menentukan, karena Pemprov DKI masih menunggu pembelian bus. "Nanti kita akan minta dari Hino atau dari Skania untuk latih. Waktunya nanti nunggu kita beli barang dulu," kata pria yang akrab disapa Ahok itu, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar menjelaskan, peningkatan kualitas harus sesuai dengan bus yang dikemudikan. "Secara perilaku mengemudi juga harus berbeda. Pelatihan, nanti kerja sama dengan Hino sebagai produsen, mereka punya training center. Mungkin juga Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) lain," ujar Akbar.

Akbar menjelaskan, pengetahuan teknis para sopir Kopaja dan Metromini belum sesuai harapan, sehingga pihak Transjakarta merasa penting memberikan pelatihan. Sebab, kualitas bus seharusnya sesuai kualitas pengemudinya. Mereka akan disiapkan untuk mengemudikan bus sedang, single, serta bus gandeng.

Selain itu nantinya, lanjut Akbar, sistem setoran tidak lagi berlaku. Para sopir Kopaja dan Metromini akan menerima gaji setiap bulannya. Ahok juga sebelumnya mengaku, kenaikan tarif Kopaja yang terintegrasi transjakarta, dari Rp 2.000 menjadi Rp 5.000 adalah hal biasa. Kopaja yang terintegrasi dengan transjakarta ini akan dibolehkan melintasi jalur busway dan berhenti di halte transjakarta.

"Ya naik ya ngga apa-apa, itu kan biasa. Itu kan juga bisa buat investasi jangka panjang," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Jumat 11 Januari 2013. Menurut Ahok, dengan diberlakukannya jalur integrasi transjakarta, penumpang akan terlayani dengan baik. "Busway kosong 5-10 menit, Kopaja masuk kan jadi rapat. Itu juga enggak perlu banyak sterilisasi, habisin ruang," ucapnya. (Rmn/Ism)

Baca juga:

Jokowi: BKTB untuk Jadi Contoh, Bukan Saingi Kopaja dan Metromini
Bus Terintegrasi Busway Beroperasi, Sopir Angkot Demo Jokowi
Masyarakat Transportasi Desak Restrukturisasi Trayek di DKI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini