Sukses

Bukan Kader Partai, Erick Thohir Dinilai Figur Cawapres Representasi Rakyat

Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kans besar diusung KIB sebagai Cawapres 2024. Erick yang bukan dari kalangan parpol dinilai menjadi cawapres potensial lantaran hadir sebagai representasi rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kans besar diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Erick Thohir yang bukan dari kalangan partai politik (parpol) dinilai menjadi cawapres potensial lantaran hadir sebagai representasi rakyat.

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Ari Ganjar Herdiansyah mengatakan, latar belakang Erick Thohir memiliki peranan besar mendorong hadirnya pinangan parpol, khususnya yang tergabung dalam KIB. 

Berasal dari kalangan profesional, membuat Erick Thohir dinilai mampu menjembatani partai politik dalam KIB yang meliputi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar. Erick sendiri telah mendapat sinyal dukungan dari PAN dan PPP.

“Di KIB saya kira Pak Erick Thohir itu punya peluang karena beliau tokoh dari nonparpol,” kata Ari Ganjar kepada wartawan.

Keberadaan Erick Thohir, lanjut dia, bahkan dapat menjadi penyeimbang di dalam koalisi sehingga bisa mengakomodir setiap aspirasi dari ketiga parpol tersebut. Kondisi demikian tentu semakin menyolidkan perjalanan KIB.

Hal ini pun membuat peluang keterusungan Erick Thohir di KIB sangat terbuka. Apalagi ditambah dengan hubungan yang sangat harmonis antara Erick Thohir dengan PAN dan PPP.

“Selama (Erick Thohir) bisa meyakinkan atau mendapatkan tiket dari masing-masing (peluangnya diusung jadi cawapres sangat terbuka),” tutur Ari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Lanjutkan Visi Jokowi

Sebelumnya, Relawan Sahabat Setia Erick Thohir (Satset) meyakini Menteri BUMN Erick Thohir adalah pilihan terbaik untuk menjadi penerus perubahan dan keberlanjutan visi Indonesia.

Hal inilah yang membuat relawan Satset mendeklarasikan dukungan untuk Erick agar maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Kalau kita bahasakan, Pak Erick Thohir menteri kunci dari Pak Jokowi, yang sering diberikan tugas-tugas yang bisa dibilang impossible,” ujar Ketua Umum Relawan Satset, Ahmad Nabil Bintang dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3/2023).

“Karena itu, Pak Erick Thohir adalah pilihan terbaik untuk meneruskan perubahan yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi dan tentunya keberlanjutan dari visi pembangunan Indonesia maju yang sudah berjalan,” imbuhnya.

Dia membeberkan tugas monumental yang berhasil direalisasikan Erick Thohir adalah penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemberantasan korupsi di Kementerian BUMN. Berkat kegigihannya bekerja sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), jutaan vaksin berhasil didatangkan dari berbagai negara, sehingga program vaksinasi nasional bisa berhasil.

Demikian pula dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang digalakkan Erick Thohir melalui berbagai program di lingkup Kementerian BUMN. Program-program ini antara lain KUR, Mekaar, hingga Makmur.

Ketiga program tersebut mengupayakan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor UMKM di masyarakat akar rumput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.