Sukses

Sukses Memimpin BUMN, Erick Thohir Dinilai Sosok Cawapres Pilihan

Bermodal elektabilitas kuat dan sederet prestasi memimpinBUMN, jalan Erick Thohir menuju Pilpres 2024 nampaknya akan semakin lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Dorongan terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) kian kencang. Bermodal elektabilitas kuat, jalan Erick Thohir menuju Pilpres 2024 nampaknya semakin lancar.

Pengamat Politik Yuari Prayanto menilai, Erick Thohir sebagai figur yang tidak perlu diragukan kemampuan memimpinnya, meski berasal dari kalangan profesional. Berbagai prestasi sukses dicapai Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN.

Erick Thohir berhasil membuat transformasi positif di tubuh BUMN. Hal ini terlihat pada kenaikan pendapatan BUMN dari Rp13 triliun menjadi Rp124,7 triliun. Bahkan di kuartal III 2022, laba BUMN sudah tercatat sebesar Rp155 triliun.

Tak hanya itu, raihan positif Erick Thohir lainnya selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN juga berhasil memberikan kontribusi BUMN dari sisi pajak, deviden, hingga PNBP hingga mencapai Rp1.198 triliun.

Atas dasar itulah, Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang kuat dan tangguh untuk bertarung di Pilpres 2024 nanti.

“Sosok Erick Thohir dalam ritme politik di negeri ini nampak patut dipertimbangkan kehadirannya dalam bursa capres dan cawapres pada Pemilu 2024 mendatang,” kata Yuari kepada wartawan, Minggu (8/1/2023).

Dia memprediksi, dorongan agar Erick Thohir dapat maju sebagai cawapres 2024 akan konsisten menguat. Hal ini tak lepas dari modal kuat mantan bos Inter Milan tersebut, baik dari segi finansial maupun kepemimpinan.

“Terlebih memasuki tahun 2023 ini Pemilu akan menjadi panas dan banyak diperbincangkan,” ucap Yuari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Jadi Magnet Emak-Emak di Sumut

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mendapat sambutan meriah dari ribuan masyarakat saat melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara, pada Jumat (6/1/2023).

Antusiasme masyarakat tersebut, terlihat mulai dari penyambutan di Bandara Kualanamu. Masyarakat memenuhi terminal kedatangan Bandara tersebut dengan harapan bisa bertemu langsung dengan Erick Thohir.

Sambutan meriah juga diberikan kepada Menteri BUMN saat tiba di lokasi pabrik minyak makan merah di Deli Serdang.

Menteri BUMN bersama rombongan yang terdiri dari Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Marahalim Harahap, dan sejumlah pejabat lainnya, diberikan tanda penyambutan dari masyarakat setempat.

Tak sedikit dari ribuan masyarakat yang memenuhi kiri dan kanan jalan, berusaha menerobos menjagaan untuk bersalaman dengan Erick Thohir. “Mau foto aja, mas. Biasanya cuma lihat di TV,” ujar emak-emak yang mencoba meminta berswafoto di lokasi tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.