Sukses

Dukungan Terus Bertambah, Duet Ganjar-Erick Thohir Makin Tak Terkejar

Dalam sejumlah simulasi survei dan hasil polling jelang Pilpres 2024, duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir mengungguli pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Liputan6.com, Jakarta - Skema duet Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang semakin menjadi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini merujuk pada hasil polling The Matchmaker.

Berdasarkan data polling terbaru, duet kepala daerah dan menteri tersebut semakin tidak terkejar dalam seminggu terakhir. Duet Ganjar-Erick semakin digdaya atas skema pasangan lain yang diinginkan masyarakat.

Polling terbaru pada periode 1 Desember 2022 – 12 Januari 2023 menunjukkan duet Ganjar-Erick mendapatkan angka sebesar 1.291. Sementara itu skema pasangan Prabowo-Erick berada di bawahnya dengan angka 803.

Skema pasangan ini juga mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan yakni hanya sebanyak 4 vote. Sebelumnya skema duet menteri andalan Presiden Jokowi ini mendapat 799 votes.

Terpaut jauh, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hanya mendapatkan hasil vote sebesar 193. Walaupun terjadi kenaikan signifikan yakni sebesar 30 vote dari minggu lalu, pasangan ini hanya mampu mengikuti dari posisi lima.

Terpantau minggu lalu Anies-AHY juga berada di posisi lima dengan angka vote sebesar 163. Sejauh ini sudah terdapat 4.469 masyarakat yang mengikuti polling yang dilakukan oleh detikcom melalui program The Matchmaker.

Perlu diketahui, nama-nama tokoh yang ada di polling The Matchmaker disaring dari berbagai lembaga survei di Indonesia, antara lain Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Charta Politika, hingga Litbang Kompas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duet Ganjar-Erick Ungguli Anies-AHY

Sebelumnya, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) telah menyelenggarakan simulasi Pilpres 2024. Sertidaknya ada 3 pasangan Capres dan Cawapres yang disimulasikan dalam survei tersebut. Mereka adalah Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Anies Baswedan-AHY, dan Prabowo-Puan Maharani.

Dalam survei itu, IPI melakukan 4 model simulasi pasangan calon yang masuk dalam 5 besar untuk posisi Capres dan Cawapres. Hasilnya, pasangan Ganjar-Erick Thohir menduduki posisi teratas.

Model pertama, pasangan Ganjar-Erick Thohir dipilih oleh 38,6 persen responden. Disusul Anies-AHY (30,4 persen), dan Prabowo-Puan sebanyak 19,8 persen. Sisanya yang tidak tahu/tidak menjawab sebesar 11,2 persen.

Pada model kedua, Ganjar-Erick mendulang suara 38,0 persen, Anies-AHY 30,8 persen dan Prabowo-Bahlil 20,0 persen. Sisa 11,1 persen tidak tahu/tidak menjawab.

Pada model ketiga, Ganjar-Erick 39,7 persen, Anies-Khofifah 27,4 persen, Prabowo-Bahlil 20,4 persen dan 12,6 persen tidak menjawab.

Dalam model keempat, Ganjar-Erick mendulang 37,4 persen, Anies-AHY 29,6 persen, Prabowo-Khofifah 22,2 persen dan sisa 10,8 persen tidak tahu/tidak menjawab.

"Elektabilitas Ganjar naik di bulan Desember, begitu juga ketika dipasangkan dengan Erick Thohir. Elektabilitas Anies turun di bulan Desember, pasangan Anies-AHY juga turun," kata Direktur IPI Burhanuddin Muhtadi, Kamis (5/1/2023).

"Basis dukungan terhadap Ganjar-Erick berasal dari publik yang puas terhadap kinerja pemerintah saat ini, terutama dari basis PDI Perjuangan,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.