Sukses

[VIDEO] Minim Fasilitas MCK di Pengungsian Gunung Kelud

Kondisi pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur, mulai terjangkit penyakit.

Kondisi pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur, mulai terjangkit penyakit. Posko-posko pengungsian minim fasilitas mandi cuci kakus. Sementara akibat hujan abu vulkanik, ratusan warga Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami infeksi saluran pernafasan

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (16/2/2014), seorang nenek harus ditandu dari posko pengungsian di Desa Sumberejo, Kediri, Jawa Timur, setelah mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Nenek berusia 80 tahun ini akhirnya dirujuk ke puskesmas setempat.

Posko pengungsian yang menggunakan gedung sekolah ini dihuni 700 orang pengungsi. Namun sayangnya hanya ada 1 fasilitas mandi cuci kakus. Sementara dapur umum juga dikerjakan sendiri oleh pengungsi.

Hujan debu vulkanik Gunung Kelud memang sudah reda. Namun dampaknya masih dirasakan warga Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hingga Minggu siang semakin banyak yang dirujuk ke Rumah Sakit PKU Muhamadiyah, Bantul. Mayoritas pasien mengalami gangguan nafas.

Sejak Jumat 14 Februari, puluhan pasien berobat ke rumah sakit ini setiap hari. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Dan)

Baca juga:

[VIDEO] Abu Dibersihkan, Bandara Juanda Kembali Dibuka
[VIDEO] Relawan Hibur Pengungsi Gunung Kelud
Pengungsi Kelud Keluhkan Kurangnya Air Bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.