Sukses

[VIDEO] Penerbangan ke Jawa Masih Ditutup, Kereta Diserbu

Penerbangan ke Jateng, Jatim, Yogya, masih ditutup, penumpang mencoba tukar tiket di Bandara Soekarno-Hatta. Angkutan kereta jadi pilihan.

Sejumlah calon penumpang masih berdatangan ke Terminal Keberangkatan 1-B Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Mereka hendak menukarkan tiket akibat dibatalkannya penerbangan setelah 7 bandara di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta ditutup akibat letusan Gunung Kelud pada Kamis malam 13 Februari lalu.

Namun, mereka kecewa karena tiket hanya bisa diuangkan di kantor pusat maskapai penerbangan atau di kantor travel yang ada di beberapa daerah. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (15/2/2014), tak sabar menunggu, beberapa calon penumpang dengan tujuan yang sama akhirnya menyewa minibus dengan harga lebih mahal dari tiket pesawat.

Penutupan bandara yang terkena debu vulkanik ini terpaksa dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Akibat gangguan penerbangan pascaletusan Gunung Kelud, banyak penumpang beralih menggunakan kereta.

2 Stasiun kereta di Jakarta Pusat pun dipadati penumpang yang mengantre demi mendapatkan tiket. Sejak Sabtu dinihari tadi, Stasiun Pasar Senen, didatangi penumpang tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jumlah penumpang kereta meningkat tajam seiring dibatalkannya banyak jadwal penerbangan akibat erupsi dahsyat Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. Meskipun waktu tempuh lebih lama, mereka tidak harus menunggu dalam ketidakpastian. Akibat lonjakan penumpang, tiket perjalanan untuk 2 hari ke depan sudah habis terjual.

Tak hanya di Stasiun Pasar Senen, penumpang juga memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Diperkirakan, lonjakan jumlah penumpang kereta di Stasiun Gambir akan terus terjadi. Ini mengingat penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta untuk tujuan Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, masih ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. (Ans/Sss)

Baca juga:

7 Bandara Masih Ditutup, Abu Kelud Mengarah ke Barat Sumatera
Bandara Adi Sumarmo Solo Mulai Dibersihkan dari Abu Kelud
Muntahan Abu Gunung Kelud Sudah Sampai Bogor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini