Sukses

Kemendikbudristek Melalui Indonesiana.TV Ikut Promosikan Film Animasi Karya Anak Bangsa di INACON 2024

Balai Media Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Indonesiana.TV turut mempromosikan film-film animasi asli karya anak bangsa di Indonesia Anime Con (INACON) 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Balai Media Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Indonesiana.TV turut mempromosikan film-film animasi asli karya anak bangsa di Indonesia Anime Con (INACON) 2024 pada 15-16 Juni 2024 mendatang.

Acara yang digelar di ICE BSD ini akan menyoroti budaya pop dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Jepang, Korea, dan China.

INACON sendiri merupakan salah satu event terbesar yang menggabungkan berbagai elemen budaya pop seperti anime, manga, video game, dan cosplay.

Acara INACON menjadi surga bagi para kreator, gamer, kolektor, cosplayer, dan semua yang menyukai dunia pop culture. Dengan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, INACON 2024 menjadi tempat yang tepat untuk menjalin hubungan dan berbagi inspirasi bagi penggemar anime.

Perwakilan dari Asosiasi Komik Indonesia Rizqi Mosmarth menekankan pentingnya INACON sebagai representasi ekosistem industri kreatif Indonesia, khususnya di bidang animasi.

"INACON menjadi ajang menyatukan semangat memajukan industri kreatif. Dukungan dari pemerintah, BUMN, swasta, dan komunitas menunjukkan semangat kolaborasi kita," ujar Rizqi melalui keterangan tertulis, Rabu (12/6/2024).

Menurut dia, INACON bukan hanya ajang promosi saja, tetapi juga ajang untuk memperlihatkan kemajuan industri kreatif Indonesia.

"Dengan INACON, kita mempromosikan berbagai lembaga, komunitas, dan perusahaan yang memproduksi animasi di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa industri kreatif kita telah lebih maju hari ini," terang Rizqi.

Ia juga mengapresiasi kehadiran Indonesiana.TV di INACON 2024 tidak hanya memberikan dukungan, tetapi juga mempromosikan intellectual property (IP) industri animasi Indonesia, termasuk Desa Timun yang telah menjadi rising star dalam tiga tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesiana.TV Ikut Menyemarakkan Dunia Animasi

Indonesiana.TV di INACON 2024 dengan membawa beragam konten animasi anak yang berbasis budaya Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Rana Uko, Si Aa & Sactya, Ako dan Laut, HipHip Kido, dan Desa Timun.

Kehadiran Indonesiana.TV di INACON 2024 menjadi bukti dukungan nyata pemerintah terhadap perkembangan industri animasi lokal yang kian pesat.

Kepala Balai Media Kebudayaan Kemendikbudristek Retno Raswaty menjelaskan, partisipasi Indonesiana.TV dalam INACON 2024 selaras dengan visi mereka.

"INACON adalah upaya luar biasa untuk memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan dan talenta dalam memproduksi animasi keren," kata Retno.

Menurut dia, Indonesiana.TV selalu berusaha mengajak berkolaborasi para pelaku pemajuan kebudayaan, termasuk para kreator animasi.

"Melalui INACON ini, kita tidak hanya mempromosikan lima IP kami, tetapi juga membawa harapan agar lebih banyak lagi pihak yang bisa berkolaborasi dengan Indonesiana.TV," ucap Retno.

 

3 dari 3 halaman

Buka Jalan Masa Depan

Di INACON 2024, Indonesiana.TV akan menggelar sebuah petualangan dari lima IP dengan hadiah berupa harta karun menarik.

Retno berharap dapat menarik lebih banyak pengunjung dan menunjukkan kekayaan budaya serta kreativitas Indonesia dalam bentuk animasi.

"Balai Media Kebudayaan juga memiliki peran penting dalam mendukung promosi karya-karya Indonesia ke kancah internasional. Desa Timun, salah satu IP unggulan dari Indonesiana.TV telah berhasil mempromosikan animasinya di beberapa festival internasional, termasuk di Busan, Korea Selatan, dan San Diego, California," papar Retno.

"Kami selalu mendukung agenda promosi karya-karya Indonesia, termasuk mengikutsertakan para pelaku animasi ke event-event internasional. Seperti halnya Desa Timun yang telah mempromosikan animasinya ke dunia internasional," pungkasnya.

Partisipasi Indonesiana.TV dalam INACON 2024 merupakan langkah penting dalam memajukan industri animasi Indonesia. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, acara ini diharapkan dapat membuka jalan bagi lebih banyak kreator animasi lokal untuk menunjukkan karya mereka dan menjalin kolaborasi yang lebih luas.

INACON 2024 bukan hanya sebuah acara, tetapi juga sebuah perayaan semangat dan kreativitas. Dengan kehadiran Indonesiana.TV, industri animasi Indonesia diharapkan semakin dikenal dan diapresiasi, baik di dalam maupun luar negeri. Mari kita dukung dan sambut INACON 2024, serta memajukan industri kreatif Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.