Sukses

Ada Bukti Soal Ibas? Kuasa Hukum Anas: Tunggu Tanggal Mainnya

Anas memiliki bukti dan fakta terkait fungsi serta tugas SC Kongres. Termasuk mengenai mekanisme penggunaan dana dalam kongres.

Kuasa hukum Anas Urbaningrum, Firman Wijaya mengakui kliennya diperiksa penyidik KPK terkait Kongres Partai Demokrat 2010 di Bandung, Jawa Barat. Khususnya mengenai tugas dan fungsi Steering Comittee (SC) Kongres yang saat itu dijabat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

"Kaitan dengan SC itu fungsi penyelenggaraan dan pendanaannya," ujar Firman di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Firman mengatakan, Anas memiliki bukti dan fakta terkait fungsi serta tugas SC Kongres. Termasuk mengenai mekanisme penggunaan dana dalam kongres.

"Itu Mas Anas akan jelaskan. Nanti ada fakta yang agak menarik. Minta waktunya saja, nanti. Karena itu (fakta) bisa berupa foto," katanya.

Namun saat didesak lebih jauh, Firman enggan membeberkan fakta yang dimaksud itu sekarang. Kata dia, tunggu waktu yang tepat.

"Sabar ya, kan pasti itu akan ditanyakan (penyidik) juga," ungkap Firman.

Sebelumnya Anas Urbaningrum mengatakan, Ibas layak diperiksa KPK terkait proyek Hambalang. Alasan pertama, Ibas adalah Steering Comitte (SC) Kongres Partai Demokrat pada 2010 lalu di Bandung. Kedua, Ibas adalah anggota tim sukses Andi Alfian Mallarangeng dalam persaingan calon ketua umum saat kongres tersebut.

"Ketiga, dan lain-lain," ujar Anas tanpa menjelaskan detil apa yang dimaksud. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini