Sukses

Pengamat: Tahun 2014 Angka Kriminal Diprediksi Masih Tinggi

Untuk tahun 2014 mendatang, angka kriminal diprediksi masih tetap akan tinggi.

Polda Metro Jaya telah merilis catatan akhir tahun terkait penyelesaian kasus yang diterima aparat kepolisian. Setidaknya dalam kurun waktu selama tahun 2013, jajaran aparat kepolisian Polda Metro sudah menerima laporan sebanyak 51.444 kasus. Dari laporan itu, sudah barang tentu tidak semuanya bisa diselesaikan dengan mulus.

"Dan untuk tahun 2014 mendatang, angka kriminal diprediksi masih tetap akan tinggi," tutur kriminolog dari Universitas Indonesia, Bambang Widodo Umar saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (27/12/2013) malam.

Ia menjelaskan, hal ini terjadi karena aparat hukum yang ada di Indonesia dinilai belum berwibawa. Ditambah, kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang masih rendah dan terus merangsang kriminalisasi.

"Angka kriminal menurut saya masih akan tinggi. Ekonomi negara kita itu masih lemah. Jadi akan banyak saja tindakan kejahatan. Jadi pasti akan tetap tinggi," kata Bambang.

Bambang melanjutkan, sistem keamanan di dalam negeri belum mampu mengimbangi laju intensitas dari kriminalitas.

"Modusnya bisa dilihat, tambah canggihkan," pungkas Bambang. (Mhs/Tnt)

Baca juga:
Polda Metro Klaim Tingkatkan Prestasi Penyelesaian Kasus Pidana
Penyelesaian Kasus di Polda Metro Jaya Menurun
Kapolda Metro Jaya: Tiap 10 Menit 13 Detik Terjadi Kejahatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini