Sukses

Marah Besar Kepsek Curang Saat Tes, Ahok: Mental Maling!

Sejumlah organisasi guru melaporkan adanya indikasi kecurangan dalam tes Lelang Kepala Sekolah DKI. Ahok pun marah besar.

Sejumlah organisasi guru melaporkan adanya indikasi kecurangan dalam tes Lelang Kepala Sekolah DKI pada Senin 16 Desember. Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun menegaskan jika dirinya sangat kecewa dan marah, sehingga tidak dapat menolerir jika hal itu benar terjadi.

Ia mengaku tak habis pikir, seorang pendidik mampu melakukan kecurangan soal-soal saat tes seleksi demi mempertahankan posisinya sebagai kepala sekolah. Hal itu membuatnya dirinya juga menjadi prihatin, dengan mental anak-anak yang dididik.

"Kenapa kita marah besar dalam kasus pendidikan ini? Bayangin, seorang guru, kepsek, main-main soal. Enggak heran ada anak yang ujian dikasih soal supaya bisa lulus. Ini mental guru, udah maling kalau saya bilang," cetus Ahok di Balaikota DKI, Selasa (17/12/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga mengaku kecewa, terhadap kepala sekolah yang seharusnya memberi contoh baik kepada anak didiknya. Ternyata justru berbuat curang guna mempertahankan status quo.

"Kita pikir ini udah sangat keterlaluan. Lurah, camat masih lebih terhormat. Kalau lurah, camat curang, orang marah. Tapi mereka bukan guru kan. Ini guru loh. Wajar kita marah-marah," geram Ahok.

Ia pun menuturkan rasa syukurnya terhadap pihak-pihak pelapor kecurangan sistemik, yang melibatkan Musyawarah Kepala-kepala Sekolah (MKKS), Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

"Dan kita beruntung masih banyak guru-guru yang baik. Mereka ini yang melapor waktu soal tes dimainkan," pungkas Ahok. (Tnt/Sss)

Baca juga:
Ahok Cium Ada `Permainan` di Balik Lelang Kepsek
Kepsek Lelang Jabatan Curang, Ahok: Keluarkan Ajalah... Pidanain!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini