Sukses

[VIDEO] Pekan Kondom Nasional Banjir Protes

Digelarnya Pekan Kondom Nasional yang disinyalir diwarnai pembagian kondom secara gratis memicu protes di Jakarta maupun di daerah.

Digelarnya Pekan Kondom Nasional yang disinyalir diwarnai pembagian kondom secara gratis memicu protes di Jakarta maupun di daerah. Seperti yang terjadi di halaman gedung Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.  

Kesal tak ditanggapi pemuda ini nyaris mengamuk dalam unjuk rasa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di halaman gedung Kemenkes, seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (5/11/2013). Sebelumnya para aktivis HMI berkumpul, berorasi, serta membakar spanduk bergambar Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi yang bertuliskan Duta Kondom Nasional.

Selain menuntut penghentian Pekan Kondom Nasional, para pengunjuk rasa juga menuntut penghentian seluruh kebijakan Kemenkes terkait penyebaran kondom. Massa membubarkan diri setelah pihak Kemenkes bersedia berdialog dan berjanji menyampaikan aspirasi mereka ke kepada Menteri Kesehatan.

Di Jombang, Jawa Timur, unjuk rasa serupa diwarnai upaya penurunan bendera setengah tiang oleh seorang mahasiswa. Demo di depan kantor DPRD Jombang ini digelar belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)Jombang. Massa mengecam pembagian kondom yang dinilai sebagai tindakan mendukung seks bebas itu.

Sementara itu, Kemenkes menegaskan, Pekan Kondom Nasional bukanlah kegiatan yang digagas pihaknya. Mereka telah meminta pihak penyelenggara menghentikan kegiatan itu. Namun nyatanya, Kemenkes tetap kecolongan.

Di sejumlah daerah, pada hari Aids sedunia yang jatuh pada 1 Desember lalu, sejumlah sukarelawan jelas-jelas tak hanya membagikan brosur, tetapi juga membagikan kondom. Tidak hanya satu, bahkan tiga kondom diberikan sekaligus kepada para pengunjung secara acak di tempat umum yang juga didatangi anak-anak. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini