Sukses

Nego Harga Tanah, Jokowi Temui Warga Pesanggrahan Pekan Depan

Gubernur DKI Jakarta Jokowi berjanji mengunjungi daerah kali Pesanggrahan dan lokasi Tol JORR W2, Jakarta Selatan, pekan depan. Sebab kawasan itu masih bermasalah soal belum adanya kesepakatan harga lahan oleh Pemprov DKI.

"Minggu depan saya ke Pesanggrahan dan JORR W2. Saya mau lihat apa sih permasalahan di lapangan. Jangan cuma bilang ndak cacak, ndak cocok saja, tapi harus bisa selesai," ujar pria bernama lengkap Joko Widodo ini di  Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Ada 3 area pemukiman di bantaran Sungai Pesanggrahan, Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, yang warganya belum sepakat dengan harga lahan yang ditawarkan. Akibatnya, normalisasi di sungai tersebut yang telah berlangsung menjadi terganggu.

Masalah harga itu juga terjadi pada proyek pembangunan tol JORR W2, Kelurahan Ulujami. Sehingga pengerjaan ruas jalan sepanjang 500 meter belum dapat tersambung.

Padahal Pemprov DKI menawarkan untuk membayar sesuai dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), namun warga meminta agar lahan dibayar sesuai penaksiran (appraisal) atau harga pasar. Sementara, harga pasar sebesar 10 kali lipat dari harga NJOP karena melihat lokasi lahan yang strategis.

Diakui Jokowi, akibat permintaan untuk meningkatkan harga lahan, proyek pembangunan di dua lokasi itu jadi tersendat. "Contohnya di Sungai Pesanggrahan, sekarang lagi masang sipal (turap) untuk pelebaran. Tapi di beberapa titik terhenti karena pembebasan lahan belum selesai. Jadi, ndak jalan jalan," ujar dia.

Mantan walikota Surakarta itu berharap, dengan rencana ia berdialog dengan warga di kedua tempat itu mereka dapat melunak soal biaya pembebasan lahan. (Ali/Ism)