Sukses

Kampung Betawi Digelar di Kota Tua Akhir Pekan Ini

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar kegiatan Kampung Betawi pada Sabtu hingga Minggu pekan ini, tepatnya 16-17 November 2013.

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar kegiatan Kampung Betawi pada Sabtu hingga Minggu pekan ini, tepatnya 16-17 November 2013. Acara itu dihelat di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

"Kegiatan Kampung Betawi di Kota Tua merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk mengangkat dan mempromosikan situs Kota Tua sebagai salah satu warisan budaya di Ibukota," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Arie Budhiman di Balaikota, Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Menurut Arie, penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat yang juga memiliki kegiatan tahunan dengan nama Festival Kota Tua.

Selain itu, acara Kampung Betawi juga bersinergi dengan festival kuliner dan kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional. Arie menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengangkat budaya dan sejarah terbentuknya masyarakat Betawi yang akulturatif pada zaman dulu. Misalnya dari budaya China, Arab atau Persia, Melayu, dan Indonesia Timur.

"Suasana Kampung Betawi akan dihadirkan melalui berbagai pagelaran seni budaya Betawi yang edukatif, karena menjelaskan bagaimana budaya-budaya ini mempengaruhi keberadaan masyarakat Betawi saat ini," ujarnya.

Ada pula festival kuliner yang diadakan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kota Tua. Akan ada juga pameran kreatif dan bazar yang digelar pihak museum. Kegiatan yang menggunakan anggaran sebesar Rp 1 miliar tersebut ditargetkan dapat menarik hingga 10.000 pengunjung.

"Kami berharap acara ini bisa berlangsung menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dan Kota Tua menjadi destinasi wisata unggulan di Jakarta," demikian Arie. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini