Sukses

Lihat Metromini Ugal-ugalan, Ahok: Zombie Zalim Itu!

Sejumlah armada metromini yang kurang layak masih terlihat melintasi jalan-jalan Ibukota. Ahok menyaksikannya sendiri.

Sejumlah armada Metromini yang kurang layak masih terlihat melintasi jalan-jalan Ibukota. Melihat kondisi angkutan umum yang juga tidak layak pandang tersebut, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut Metromini sebagai 'Zombie Zalim'.

"Orang kalau udah mati, hidup lagi, namanya Zombie kan. Itu Metromini udah enggak layak jalan semua. Kayak Zombie itu," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta itu di Balaikota, Jakarta, Rabu (13/11/2013).

"Zalim karena dengan kondisi fisik yang sudah tua, beberapa bus Metromini masih saja melanggar aturan lalu lintas. Seperti tidak melalui uji kendaraan bermotor (KIR) maupun bertindak ugal-ugalan di jalan," jelas Ahok.

Maka Pemprov DKI, lanjut dia, tengah berupaya meminta agar pajak transportasi massal dengan merek nasional dapat dihilangkan atau nol pajak. Sehingga pengusaha Metromini pun diharapkan mampu membeli bus baru tanpa adanya alasan pajak yang tinggi.

"Kita mau buang mobil-mobil jelek, tapi enggak cukup bus. Kalau ada pembebasan pajak (nol persen), maka pengusaha Metromini mampu meremajakan mobilnya. Sekarang pun yang mampu udah ganti kok. Artinya dengan pajak nol persen, mereka lebih mampu lagi mengganti. Bisa pakai bus AC," tukas Ahok. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini