Sukses

[VIDEO] Demo di Kabupaten Luwu, 1 Warga Tewas Tertembak

Sejumlah pengunjuk rasa yang tertangkap menjadi sasaran kemarahan polisi.

1 Orang tewas tertembak dan puluhan lainnya luka-luka dalam unjuk rasa pembentukan Kabupaten Luwu Tengah. Unjuk rasa menuntut pemisahan Luwu Tengah dari Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, ini sudah terjadi beberapa hari ini.

Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (12/11/2013) memberitakan, massa memblokade Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Palopo dan Luwu Utara dengan menebang pohon-pohon di pinggir jalan. Ratusan polisi akhirnya membubarkan massa dengan melepaskan tembakan gas air mata, peluru karet, dan mengerahkan kendaraan barracuda serta water canon.

Sejumlah pengunjuk rasa yang tertangkap menjadi sasaran kemarahan polisi. Akibat bentrokan ini seorang warga tewas tertembak dan puluhan lainnya menderita luka-luka.

Senin kemarin, unjuk rasa mahasiswa dan warga menuntut pemekaran di Kabupaten Luwu juga berujung bentrok. 12 Mahasiswa dan warga menjadi korban penembakan polisi saat terjadi bentrokan.

Sejumlah anggota polisi juga menderita luka di kepala terkena lemparan batu. Polisi bertindak keras setelah massa memblokade jalur Trans Sulawesi dengan pohon dan ban.

Sementara di Makassar, unjuk rasa mahasiswa asal Kabupaten Luwu bentrok dengan polisi di depan Kantor DPRD Sulawesi Selatan. Bentrokan terjadi setelah mahasiswa memaksa masuk untuk menemui para anggota DPRD. Akibat bentrokan, seorang mahasiswa terluka di bagian muka setelah terkena pukulan polisi. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.