Sukses

Teralis Lapas Simpang Ladang Digergaji, Polisi Kejar 5 Napi Kabur

Tujuh napi Lapas Simpang Ladang, Langkat, Sumut, kabur dini hari tadi. Dua di antaranya berhasil ditangkap, 5 lainnya masih diburu.

Tujuh narapida Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Simpang Ladang, Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, kabur dari ruang tahanan, Sabtu (9/11/2013), sekitar pukul 02.00 WIB. Para penghuni kamar 05 itu kabur setelah memotong teralis besi kamar tahanan.

"Benar ada tahanan narkoba yang lari dari Lembaga Pemasyarakatan Hinai. Aparat tengah mengejar mereka," kata Kepala LP Narkoba Simpang Ladang, Dapat Sembiring, di Hinai, Sabtu (9/11/2013).

Menurut Dapat, setelah memotong teralis besi sel itu, mereka mengikatkan kain dan pakaian untuk turun ke dinding blok, lalu kabur melalui pintu lapas. "Pada saat kejadian, penjaga hanya 3 orang," ujarnya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh di lapangan, mereka yang kabur adalah P Hidayat warga Medan yang divonis 8 tahun, Syamsuddin warga Aceh divonis 14 tahun 3 bulan, Ilham warga Asahan dan Supratoyo warga Medan, keduanya divonis 13 tahun, serta Diki Ansandi warga Langkat yang divonis 2 tahun 2 bulan.
     
Dua napi lainnya, Sartono dan Togar, berhasil ditangkap kembali oleh petugas lapas dengan dibantu masyarakat.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Polres Langkat AKBP Yulmar Tri Himawan menjelaskan bahwa saat ini aparatnya sedang disebar untuk mencari para narapidana. "Kita sudah sebarkan aparat kepolisian untuk mengejar para pelaku yang melarikan diri," ungkapnya.
     
Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kamar tahanan tersebut digergaji oleh para napi yang kemudian melarkan diri. "Kami akan bantu petugas lapas untuk kembali menangkap para napi yang melarikan diri," tegas Dapat. (Ant/Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.