Sukses

SBY Dapat Gelar Bangsawan dari Suku Banjar

Tutuha Banua Nang Batuah sendiri memiliki arti, orang yang dituakan masyarakat Suku Banjar.

Presiden SBY bakal dianugerahi gelar kebangsawanan dari Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Gelar 'Tutuha Banua Nang Batuah' segera bisa disandang Ketua Umum Partai Demokrat itu pada esok hari.

Pemberian gelar pada SBY dijadwalkan berlangsung pada Kamis 24 Oktober 2013 besok, bersamaan dengan pembukaan Kongres III Budaya Banjar di Mahligai Pancasila Banjarmasin. Saat pemberian gelar itu, dia diharuskan mengikuti sejumlah prosesi adat setempat.

Tutuha Banua Nang Batuah sendiri memiliki arti, orang yang dituakan masyarakat Suku Banjar. Sang penyandang gelar dinilai memiliki tuah atau keuntungan, baik secara materiil maupun imateriil dalam dirinya. Pemberian gelar ini diklaim tak bermuatan politis. Lantas apa alasan di balik pemberian gelar kepada SBY itu?

"Kan tidak salah, kalau kita urang Banua Banjar memberikan penghargaan kepada orang nomor satu di republik ini. Karena beliau juga menaruh perhatian dengan budaya Banjar," kata Sekretaris Lembaga Budaya Banjar (LBB) Datuk Mangku Adat, Adjim Arijadi, di Banjarmasin, Kalsel, Rabu (23/10/2013).

"Pemberian gelar Tutuha Banua Nang Batuah murni dari LBB. Tak ada muatan politis," pungkas Adjim. (Ant/Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.