Sukses

[VIDEO] Jangan Sampai 4 Artefak Dibawa Pencuri ke Luar Negeri

4 Artefak kuno peninggalan Kerajaan Mataram hilang. Jangan sampai benda antik itu dibawa pencuri ke luar negeri.

4 Artefak koleksi Museum Nasional Jakarta, peninggalan Kerajaan Mataram hilang dari lemari peyimpanan. Aparat kepolisian masih menelusuri pelaku, penadah dan motif pencurian dengan meminta keterangan dari 38 saksi.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (14/9/2013), 4 artefak kuno terbuat dari emas yang bernilai historis tinggi dari Kerajaan Mataram tak bisa dilihat pengunjung Museum Nasional di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. 4 Artefak itu berupa Wadah Bertutup Cepuk, Lempengan Naga Mendekam, Bulan Beraksara, dan Harihara yang terbuat dari emas murni dilaporkan hilang Rabu 11 September lalu.

Polda Metro Jaya yang menangani kasus ini sudah memintai keterangan 38 saksi dan meneliti penyebab hilangnya 4 koleksi antik itu. Polisi mengantisipasi kemungkinan keempat koleksi bersejarah itu dilarikan ke luar negeri.

"Kita sudah komunikasi dengan pihak bandara ikut jaga, jangan sampai barang-barang itu dibawa lari ke luar negeri," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto.

Rikwanto menjelaskan, konsentrasi dilakukan pada tempat pemberangkatan yang memiliki alat pemindai atau X-Ray sehingga bisa mendeteksi kemungkinan barang tersebut akan diselundupkan ke luar negeri. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.