Sukses

Polisi Gandeng Ormas Jaga H-1 Lebaran di Pemukiman

Polres Metro Jakarta Barat menggandeng sejumlah unsur masyarakat untuk ikut serta mengamankan wilayah selama masa mudik Lebaran. Terlebih, banyak rumah warga yang kosong karena ditinggal penghuninya pulang kampung atau berlibur.

Kerjasama itu menggunakan sistem Pencegahan Kejahatan (Si Gathan), satuan tugas rumah kosong (Satgas Rumsong) mulai 1 Agustus 2013, lalu.

"Kalau pengamanan rumsong sudah ada, sejak Polda membentuk satgas. H-7 pengamanan rumsong berasal dari Pospol dan Polsek di masing-masing wilayah-wilayah. Di H-1 Lebaran ini kita juga melibatkan LSM, ormas dan warga sekitar untuk pengamanan rumsong," kata Danu di Jakarta, Rabu (7/8/2013).

Danu menambahkan di daerah Kalideres ada sejumlah komplek perumahan yang rawan perampokan. Seperti di Perumahan Citra yang terletak di Kelurahan Pegadungan, Kalideres. Sebanyak 3 kasus perampokan terjadi di kawasan tersebut pada Juli lalu.

"Ada 3 kasus perampokan di Perumahan Citra Kalideres," jelas Danu. Karena itu, ia menambahkan, sistem pengamanan di tiap komplek perumahan segera ditingkatkan dengan program Si Gathan.

"Kalau untuk kasus perampokan kita balik lagi ke sistem pengamanan di komplek masing-masing. Kalau di Perumahan Citra itu pengamanannya kurang profesional. Dan anggota keamanannya kekurangan personel. Karena itu kita siagakan (Si Gathan) ini," tukas Danu. (Adi/Ism)