Sukses

Antrean Pembagian Zakat Rusuh, Tiga Tewas

Sebagian besar korban terinjak-injak saat antrean pembagian Zakat Fitrah itu berubah rusuh. Selain menimbulkan jatuh korban jiwa, tiga orang koma dan belasan lainnya luka-luka.

Liputan6.com, Jakarta: Sedikitnya tiga orang tewas, tiga koma, dan belasan lainnya luka-luka saat acara pembagian Zakat Fitrah di rumah Habib Ismet al Habsyi di Pasarminggu, Jakarta Selatan, Jumat (7/11). Sebagian besar korban terinjak-injak saat anteran pembagian zakat itu berubah rusuh. Selain jatuhnya korban, kejadian tersebut juga menyebabkan beberapa bagian rumah Al-Habsyi rusak. Diduga, membludaknya massa akibat besarnya bingkisan Lebaran yang mereka terima yakni beras, uang sebesar Rp 20 ribu, dan sarung.

Menurut sejumlah saksi mata, pembagian zakat yang dimulai pukul 08.00 WIB itu mulai tak teratur saat menjelang siang. Mereka yang antre saling dorong dan akhirnya merobohkan besi pembatas dan membuat sebagian orang terjatuh. Saat itulah, antrean berubah kacau dan yang terjatuh terinjak-injak. Tak pelak, keadaan tak terkendali. Apalagi, petugas pengamanan di sana tak ada dan tidak dibatasinya jumlah penerima zakat.

Ketiga korban yang tewas adalah Fatimah, Rodiyah, dan Halimah. Sedangkan korban yang koma adalah Momoh, Suwarni, keduanya warga Depok, Jawa Barat, dan Sarmanah, warga Pejaten, Jaksel. Dalam acara tersebut, para penerima zakat tak hanya datang dari kawasan Pasarminggu. Namun, juga datang dari Depok dan Bogor. Mereka umumnya fakir miskin dan korban gusuran.(ORS/Dewvina Oktora dan Bondan Wicaksono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini