Sukses

Tak Gelar Open House Lebaran, Jokowi Pilih Keliling Temui Warga

Jokowi tidak akan menggelar open house di rumah dinasnya. Jokowi akan keliling.

Lebaran tahun ini menjadi lebaran pertama Joko Widodo sebagai gubernur DKI Jakarta. Namun demikian, gubernur yang akrab disapa Jokowi ini tidak akan melakukan salat Ied di Balaikota DKI Jakarta bersama dengan jajarannya. Jokowi akan melaksanakan salat Ied di Masjid Istiqlal bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Beliau tidak ikut salat berjamaah di Balaikota, tapi akan ikut salat berjamaah bersama Pak Presiden di Masjid Istiqlal," ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri, Heru Budi Hartono, Selasa, (6/8/2013).

Setelah menunaikan salat Ied di Masjid Istiqlal, Jokowi rencananya langsung menuju ke Balaikota untuk menggelar open house dengan para pejabat dan staf pegawai Pemprov DKI juga kalangan masyarakat umum.

"Rencananya, setelah dari Masjid Istiqlal, Pak gubernur akan menuju ke Balaikota, melihat siapa saja yang sholat Ied disana sekaligus bersilaturahmi dengan para PNS di Balaikota dan masyarakat umum yang sholat di Balaikota," kata dia.

Open house Jokowi tersebut hanya akan dilakukan di Balaikota. Mantan Walikota Solo itu, tidak akan menggelar open house di rumah dinasnya. "Beliau hanya akan mengadakan silaturahmi di Balaikota, dan tidak mengadakan open house di rumah dinasnya," kata Heru.

Bukannya mengadakan Open House yang menunggu kedatangan masyarakat kerumah dinasnya, Jokowi justru yang akan mendatangi warganya di hari Lebaran. Politisi PDIP ini rencananya akan langsung pergi ke wilayah-wilayah untuk bersilaturahmi dengan warga.

Menurut Heru rencananya di Lebaran hari pertama, Jokowi akan berkeliling di 5 wilayah kota DKI Jakarta dan juga ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat. "Wilayah yang akan dikunjungi oleh Pak Gubernur yaitu Pademangan Timur, Cipinang, Jagakarsa, Daan mogot, Tanah tinggi," kata dia.

"Di lokasi-lokasi itu nanti akan ada makanan prasmanan, beliau akan makan bersama warga, habis dari satu tempat, datang, jalan lagi ke tempat yang lain. Santai ngeriung bersama-sama masyarakat " kata dia.

Jokowi sebelumnya mengatakan, 'open house' ala Jokowi ini dilakukan agar dirinya dapat langsung bertemu dan berlebaran bersama warganya.

"Open House jadi untuk rakyat hari pertama dan hari kedua juga. Saya yang ke masyarakat lho ya, bukan saya nunggu di sini, nggak. Saya yang datang ke masyarakat," kata Jokowi beberapa hari lalu. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini